Doa Saat Hujan Besar Turun Agar Tidak Terjadi Musibah

0
257

BincangSyariah.Com – Di masa Rasulullah hidup, pernah terjadi kemarau. Para sahabat pun datang menghampiri Nabi Muhammad Saw. dan meminta agar beliau memohon kepada Allah agar hujan diturunkan.

Tak lama kemudian, hujan lebat pun turun membasahi lingkungan penduduk. Saking kencangnya, rumah-rumah penduduk banyak yang hancur, pepohanan berjatuhan, dan binatang ternak pun ikut menderita. Melihat malapetaka ini, mereka mengadu kepada Rasul agar hujan musibah itu segera dihentikan.

Atas dasar permintaan ini, Nabi berdo’a, “Allhumma hawalaina wa la ’alaina (Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami)” (HR Bukhari).

Hadis riwayat lain al-Bukhari menyebutkan bahwa:

إن النبي – صلى الله عليه وسلم- كان إذا رأى المطر قال اللهم صَيِّبًا نَافِعًا

“Sesungguhnya Nabi Saw ketika melihat hujan berdoa: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Hadis ini menunjukan bahwa ketika hujan turun, Nabi SAW senantiasa meminta agar hujan yang diturunkan Allah SWT menjadi hujan rahmat, hujan yang membawa berkah,  bukan hujan musibah. Doa ini dibaca Nabi kisaran dua atau tiga kali berdasarkan riwayat yang disampaikan Ibnu Majah.

Di saat musim hujan seperti sekarang ini, doa di atas penting untuk kita baca. Semoga hujan musim hujan kali ini membawa kemaslahatan bagi kita bersama. Wallâhu a’lam.

Baca Juga :  Macam-Macam Air yang Boleh Digunakan untuk Berwudhu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here