Doa ketika Bercermin

0
2554

BincangSyariah.Com – Bermacam-macam perasaan orang setiap kali bercermin, ada yang merasa bangga dianugerahi sosok yang rupawan, ada yang bersyukur memiliki paras yang menawan.

Rasulullah Saw. mengajarkan kita sebuah doa agar saat bercermin kita tidak hanya mensyukuri paras, tapi juga seraya memohon agar akhlak dan hati kita juga dijadikan baik dan rupawan sebagaimana paras tampan dan cantik yang telah Allah anugerahkan pada kita.

Doa tersebut dituliskan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al-adzkar berikut ini

عن على رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا نظر في المِرأة قال: الحمد لله، اللهم كما حسّنت خَلْقًي فحسن خُلُقي.

Dari sahabat Ali ra. berkata sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. ketika melihat ke cermin bersabda, “ alhamdulillahi, Allahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii,

Artinya, “Segala puji bagi Allah, ya Allah sebagaimana Engkau jadikan wajahku rupawan, jadikan pula rupawan pada akhlakku,”

Hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Ashbahani pada bab Akhlaqu al-nabi yang berasal dari riwayat Aisyah dengan sanad dhaif, sedangkan hadis yang sama yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya yang berasal dari Ibnu Mas’ud dan ‘Aisyah dengan tanpa menyebut redaksi “bil nadzri ila al-mir’ah” adalah hadis shahih.

Selain doa di atas, Rasulullah juga pernah melantunkan doa bercermin lainnya, yang Imam Nawawi masukkan ke dalam kitab Al-adzkar sebagai doa-doa pilihan ketika bercermin

عن أنس قال: كان رسول الله صالى الله عليه وسلم إذا نظر وجهه في المرآة قال: الحمدلله الذي سوى خلقي فعدله، وكرم صورة وجهي فحسنها وجعلني من المسلمين.

Dari sahabat Anas berkata seungguhnya Nabi Muhammad Saw. ketika melihat wajahnya di cermin beliau berkata, “ Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa’addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja’alanii minal muslimin,

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan danmemperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikanaku termasuk orang-orang Islam.”

Baca Juga :  Doa Pasien yang Tidak Memiliki Harapan Sembuh

Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here