Di Kondisi Ini Non-Muslim Wajib Mengeluarkan Zakat

0
77

BincangSyariah.Com – Sebagaimana kita tahu, zakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang berkecukupan. Ada dua macam zakat yang kita kenal, yakni zakat nafs (diri) yang kita keluarkan setahun sekali dalam bentuk zakat fitrah dan zakat mal.

Dalam praktiknya, tidak semua manusia berkewajiban mengeluarkan zakat. Ia harus menepati persyaratan tertentu yang salah satu diantaranya ialah beragama Islam. Ketentuan beragama Islam ini kemudian membuat zakat menjadi tidak wajib bagi orang kafir.

Meski demikian, ada sebuah kondisi dimana seorang non-muslim wajib mengeluarkan zakat. Sebagaimana disebutkan oleh Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha, dalam kitab Al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhab al-Imam al-Syâfi’i (Surabaya: Al-Fithrah, 2000. j. 2 h. 17),

وأما زكاة الفطر: فإنها تلزم الكافر لحق غيره من أقاربه المسلمين، الذين تجب عليه نفقتهم،

“Adapun zakat fitrah, maka wajib bagi orang non muslim untuk membayarkannya atas diri kerabatnya yang muslim, yakni orang-orang yang wajib ia nafkahi”.

Sebagaimana disebutkan diatas, berarti jika seorang non muslim memiliki kerabat yang beragama Islam, sementara kerabat tersebut adalah kerabat yang wajib ia nafkahi, maka orang non muslim wajib hukumnya mengeluarkan zakat fitrah atas diri kerabatnya tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Gambaran Interaksi Rasulullah Saw. dengan Warga Non-Muslim Madinah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here