Ini Delapan Hal yang Disunnahkan Ketika Membasuh Kaki Saat Wudhu

0
1377

BincangSyariah.Com – Ketika kita melakukan wudhu, maka kita kita wajib membasuh kedua kaki sampai kedua tumit. Jika kita tidak membasuh kedua kaki sampai tumit, maka wudhu kita tidak sah. Selain itu, dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah disebutkan bahwa agar membasuh kaki lebih sempurna, maka ada delapan hal yang disunnahkan untuk kita lakukan.

Pertama, membasuh kaki dimulai dari jari-jari kaki kanan sampai tumit, kemudian dari jari-jari kaki kiri sampai tumit. Ketika membasuh kaki kanan sambil membaca doa;

اَللّٰهُمَّ ثَبِّتْ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تُثَبِّتُ فِيْهِ اَقْدَامَ عِبَادِكَ الصَالِحِينَ

Allohumma tsabbit qodamayya ‘alash shirooti yauma tutsabbitu fiihi aqdama ‘ibaadikash shoolihiin. (Baca: Tata Cara Shalat Sunah Wudhu)

Ya Allah, tetapkan kedua kakiku di atas titian (shirath) pada hari dimana Engkau menetapkan kaki hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Dan ketika membasuh kaki kiri sambil membaca doa;

اَللّٰهُمَّ اني اعوذ بك ان تَزِلَّ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ فِي النَّارِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ اَقْدَامُ الْمُنَافِقِيْنَ وَالْمُشْرِكِينَ

Allohumma inni a’uudzu bika an tazilla qodamayya ‘alash shirooti fin naari yauma tazillu fiihi aqdaamul munaafiqiin wal musyrikiin.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar jangan Engkau gelincirkan kedua kakiku di atas titian pada hari dimana tergelincir kaki-kaki orang-orang munafik dan musyrik.

Kedua, menggosok kedua kaki dari jari-jari hingga tumit dengan tangan.

Ketiga, menyela-nyela jari-jari dimulai dari jari kelingking kaki kanan hingga jari kelingking kaki kiri.

Keempat, tayamun yaitu dimulai dari kaki kanan, kemudian kaki kiri.

Kelima, membasuh hingga separuh betis.

Keenam, membasuh tumit dengan baik dan sempurna.

Ketujuh, muwalah atau berturut-turut dan segera melakukan membasuh kaki kanan dan kaki kiri sesaat setelah mengusap kepala dan telinga.

Baca Juga :  Ini Empat Hal yang Disunnahkan Ketika Mengusap Kepala Saat Wudhu

Kedelapan, membasuh kaki kanan dan kaki kiri sebanyak tiga kali.

Demikian delapan hal yang disunnahkan ketika kita membasuh kaki kanan dan kaki kiri saat kita melakukan wudhu. Jika delapan hal ini dilakukan, maka membasuh kedua kaki sudah dinilai baik dan sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here