Dalil Fadilah Puasa: Diangkatnya Derajat Orang-orang yang Berpuasa (II)

0
478

BincangSyariah.Com –

Hadis keempat

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لاَ يَدْخُلُ مَعَهُمْ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَدْخُلُونَ مِنْهُ فَإِذَا دَخَلَ آخِرُهُمْ أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ ». (رواه مسلم)

Dari Sahl bin Sa’d r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh di dalam surga itu ada satu pintu yang dikatakan untuknya (disebut) “Ar-Rayyan”. Orang-orang yang berpuasa yang akan memasukinya di hari Kiamat. Tidak ada satu pun orang selain mereka yang akan memasukinya bersama mereka. Dikatakan, “Dimanakah orang-orang yang berpuasa?” Maka mereka pun memasukinya, ketika orang yang terakhir dari mereka telah masuk, maka pintunya pun akan ditutup dan tidak ada seorang pun yang akan memasukinya.” (H.R. Muslim)

Imam Izzuddin bin Abdissalam menjelaskan bahwa dikhususkannya orang-orang yang berpuasa masuk surga dengan melalui pintu Rayyan adalah disebabkan karena mereka telah diistimewakan dengan pintu itu sebab istimewa dan mulianya ibadah yang telah mereka lakukan.

Hadis kelima

عَنْ سَهْلٍ أَنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يُقَالُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَيْنَ الصَّائِمُونَ هَلْ لَكُمْ إِلَى الرَّيَّانِ مَنْ دَخَلَهُ لَمْ يَظْمَأْ أَبَدًا  فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ عَلَيْهِمْ فَلَمْ يَدْخُلْ فِيهِ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ. رواه النسائي.

Dari Sahl, bahwasannya di dalam surga itu terdapat satu pintu yang disebut “Ar-Rayyan”. Dikatakan ketika hari Kiamat, “Di manakah orang-orang yang berpuasa itu? Apakah bagi kalian menuju ke pintu Ar-Rayyan? Siapa yang memasukinya maka ia tidak akan haus selama-lamanya. Maka (setelah) mereka memasukinya, maka (pintu itu) ditutup atas mereka, tidak ada salah satu orang pun selain mereka yang dapat memasukinya.” (H.R. An-Nasa’i).

Baca Juga :  Memperbanyak Ibadah pada Sepuluh Malam Terakhir Ramadan

Ar-Rayyan artinya “kesegaran”, disebabkan karena orang yang berpuasa itu telah sanggup menahan dirinya dari berbagai macam kesegaran, maka ia pun akan disediakan pintu khusus menuju surga yang disebut Ar-Rayyan, di mana ia tidak akan pernah haus dan selalu merasa segar selama di dalamnya.

Hadis keenam

عَنْ أُمِّ عُمَارَةَ بِنْتِ كَعْبٍ الْأَنْصَارِيَّةِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ عَلَيْهَا فَقَدَّمَتْ إِلَيْهِ طَعَامًا فَقَالَ كُلِي فَقَالَتْ إِنِّي صَائِمَةٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الصَّائِمَ تُصَلِّي عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ إِذَا أُكِلَ عِنْدَهُ حَتَّى يَفْرُغُوا وَرُبَّمَا قَالَ حَتَّى يَشْبَعُوا. رواه الترمذي

Dari Ummu Umarah binti ka’ab Al-Anshariyah, bahwasannya Nabi saw. mengunjunginya. Lalu ia menghidangkan makanan untuk beliau. Lalu beliau bersabda, “Makanlah (juga).” Ia pun berkata, “Sungguh aku sedang berpuasa.” Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya orang yang puasa itu akan dimintakan ampunan (dibacakan salawat) malaikat baginya jika dihidangkan (makanan) di sampingnya sampai mereka selesai – dan mungkin ia beliau bersabda sampai mereka kenyang.” (H.R. At-Tirmidzi)

Imam Izzuddin bin Abdissalam menjelaskan bahwa salawatnya malaikat untuk orang yang berpuasa yang disuguhi makanan di sampingnya adalah jika ia mampu meninggalkan makanan itu, padahal berada di hadapannya, ia mampu menahan nafsunya. Maka, malaikat wajib membaca salawat kepadanya. Maksud salawatnya malaikat adalah ungkapan untuk doa mereka agar diberi rahmat dan ampunan kepada orang yang berpuasa itu.

Demikianlah penjelasan hadis-hadis yang menerangkan tentang fadilah puasa, yakni orang yang berpuasa itu akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt. baik ketika masih di dunia maupun akhirat. Wa Allahu A’lam bis shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here