Tata Cara Shalat Sunah Setelah Jalan-jalan

0
143

BincangSyariah.Com – Shalat sunah yang dilakukan sebelum berangkat bepergian disebut shalat safar, sementara setelah datang dari perjalanan disebut shalat qudum. Shalat sunah qudum ini dilakukan sebelum seseorang sampai di rumah dan dilakukan di masjid yang paling dekat dengan rumahnya.

Anjuran shalat qudum ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Ka’ab bin Malik, dia berkata;

كان عليه الصلاة والسلام إذا قدم من سفر بدأ بالمسجد فركع فيه ركعتين ثم جلس للناس

Nabi Saw dahulu ketika baru tiba dari safar, beliau masuk ke masjid kemudian mengerjakan shalat dua rakaat di dalamnya, setelah itu beliau duduk berbincang-bincang bersama masyarakat.

Urutan shalat ini adalah sebagai berikut. Pertama, Adapun niat shalat sunah qudum ini adalah sebagai berikut;

اُصَلِّيْ سُنَّةً لِقُدُوْمِ السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَی

Ushalli sunnatan liqudumis safari rak’ataini lillahi ta’ala.

Aku niat mengerjakan shalat sunah karena pulang dari bepergian dua rakaat karena Allah ta’ala.

Kedua, pada rakaat pertama setelah surah al-Fatihah disunahkan membaca surah al-Kafirun dan rakaat kedua disunahkan membaca surah al-Ikhlas.

Ketiga, kemudian setelah mengerjakan shalat sunah ini disunahkan untuk membaca doa berikut;

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ صَدَقَ اللَّهُ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ

La ilaha illahu wahdahu la syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir, ayibun taibun ‘abidun lirobbina hamidun shodaqollahu wa’dahu wa nashoro ‘abdahu wa hazamal ahzaba wahdahu

Tidak ada Tuhan kecuali Allah, Tuhan yang Esa, tidak ada sekutu bagiNya. MilikNya seluruh kerajaan dan bagiNya segala pujian. Dia atas segala sesuatu Maha Kuasa. Orang-orang yang kembali, orang yang taubat, orang yang beribadah, kepada Tuhan kami memuji. Benar dalam janji-Nya, menolong hamba-Nya serta menghancurkan sekutu dengan sendirian.

Baca Juga :  Keutamaan Salat di Masjid Quba

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here