Cara Menyempurnakan Sujud

0
900

BincangSyariah.Com – Sujud merupakan salah satu rukun dalam salat. Apabila tiada sujud dalam salat, maka salat tersebut dikatakan tidak sah. Dalam surat Al Alaq, Allah menutup firman-Nya dengan “wasjud waqtarib”. Sebuah statemen yang tegas, gambling, dan menegaskan bahwa sujud merupakan wahana paling efisien untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Memang secara psiklogis sujud memiliki nilai lebih dibandingkan dengan rukun salat yang lain. Karena ketika sujud posisi seseorang benar-benar mununjukkan kerendahannya di hadapan Sang Khaliq.

Sebenarnya sujud menjadi wahana intim antara hamba dengan Allah swt. Pada saat itulah mereka merasakan ke-hinaannya dan sekaligus ke-agungan Allah swt. Begitulah yang diisyaratkan Rasulullah saw dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

أقرب ما يكون العبد الى الله عزوجل اذا سجد, فاكثروا الدعاء عند ذلك

Jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Allah swt adalah ketika (hamba) sedang sujud. Maka perbanyaklah berdo’a ketika sujud.

Begitu pentingnya arti sebuah sujud dalam kehidupan seorang muslim, maka sungguh merugi dia yang belum menyempurnakan sujud dengan baik dan benar dalam salatnya. Sebagian orang ada yang menganggap bahwa cara sujud itu sekedar menempelkan kepala di atas sajadah begitu saja, tanpa harus ada aturan letak tangan dan telapak kaki dimana dan bagaimana. Sebagaimana pesan Nabi dalam sabdanya:

إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيرُ وَلْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ

Jika kalian sujud maka jangan turun sujud seperti meringkuknya unta. Hendaknya ia letakkan tangannya sebelum lutunya.

Dahi dan hidung menempel ke tempat sujud (sajadah), kedua tangan menempel ke lantai dan disejajarkan dengan bahu, punggung dalam posisi lurus, tidak menempelkan kedua lengan pada lantai, lutut yang yang menempel ke lantai serta telapak kaki mengarah ke arah kiblat. Begitulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyempurnakan sujud dalam salat. Sebagaiamana sabda Nabi yang menyebutkan beberapa anggota sujud:

Baca Juga :  Tiga Waktu Utama untuk Bersiwak

السجود على الجبهة والكفين والركبتين والقدمين من لم يكن شيئا منه من الارض أخرقه الله با النار

Sujud itu di atas dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua telapak kaki. Barangsiapa yan tidak mengukuhkan pada tanah (tempat sujud), maka Allah membakarnya dengan api neraka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here