Cara Membasuh Kaki yang Benar Saat Wudhu

9
17209

BincangSyariah.Com – Wudhu merupakan salah satu dari syarat sahnya shalat. Oleh karena itu tidaklah sah shalat seseorang tanpa melakukan wudhu atau wudhu tapi tidak dilakukan dengan benar karena ada sebagian anggota wudhunya yang tidak terbasuh dengan sempurna.

Wudhu yang demikian tidak sah dan harus diulang kembali sebagaimana Rasulullah Saw pernah menyuruh seorang sahabat mengulang wudhu karena ada bagian wudhu yang tidak terbasuh.

أخبَرَنِى عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ أَنَّ رَجُلاً تَوَضَّأَ فَتَرَكَ مَوْضِعَ ظُفُرٍ عَلَى قَدَمِهِ فَأَبْصَرَهُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « ارْجِعْ فَأَحْسِنْ وُضُوءَكَ ». فَرَجَعَ ثُمَّ صَلَّى.

Sahabat Umar bin al-Khatthab Ra. mengabarkan kepadaku bahwa ada seorang lelaki yang berwudhu dan meninggalkan bagian yang tidak dibasuh di atas kakinya seukuran kuku, lalu Nabi Saw. melihatnya dan bersabda, “Kembalilah, perbaikilah wudhumu.” Lalu dia pun kembali dan kemudian mengerjakan sholat (HR. Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan dalam Syarah Shahh Muslim, berdasarkan hadis ini para ulama menyepakati bahwa barang siapa yang meninggalkan sebagian kecil dari bagian yang seharusnya dibersihkan maka wudhunya dinilai tidak sah.

Wudhu yang demikian dikhawatirkan dapat mempengaruhi keabsahan shalat. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam wudhu adalah saat membasuh kaki. Saat membasuh kaki seseorang mesti memastikan air mengalir rata keseluruh kaki. Tidak hanya sekedar menyodorkan kaki ke air keran dan membiarkannya tanpa membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dikaki.

Mengenai tata cara membasuh kaki yang benar telah dijelaskan oleh Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qarib dengan redaksi berikut

غسل الرجلين إلى الكعبين إن لم يكن المتوضىء لابساً للخفين، فإن كان لابسهما وجب عليه مسح الخفين أو غسل الرجلين، ويجب غسل ما عليهما من شعر وسلعة وأصبع زائدة كما سبق في اليدين

Baca Juga :  Bahaya Orang yang Terbiasa Shalat Terlambat

Artinya; Membasuh kedua kaki hingga kedua mata kaki, dan wajib membasuh perkara-perkara yang berada di kedua kaki, yaitu bulu, daging tambahan, dan jari tambahan sebagaimana keterangan yang telah dijelaskan di dalam permasalahan kedua tangan.

AL-Gazi juga menekankan wajib hukumnya menghilangkan perkara yang berada di bawah kuku, seperti kotoran-kotoran kuku. Sebab hal tersebut bisa mencegah masuknya air wudhu. Wallahu alam.

9 KOMENTAR

  1. bagai mana cara yang benar membasuk tangan dan kaki di saat wudlu,apakah kanan kiri kanan kiri sampai 3 kali atau kanan langsung 3 kali,kiri pangsung 3 kali ?

  2. Caranya yang utama itu kanan dulu tiga kali, baru kiri dulu tiga kali. Walaupun denngan cara kanan satu kali, kiri satu kali, dan begitu seterusnya sampai tiga kali. Ini berlaku untuk tangan dan kaki.

  3. Assalamu’alaikum..
    Mohon pencerahannya,,apakah benar wudhu akan batal ketika kita membasuh kaki kiri airnya terkena (menciprati)kaki kanan?
    Terimakasih

  4. Assalamu’alaikum,bagaimana bersihkan kaki sehabis kencing,apakah hanya dengan disiram kaki sudah cukup apa harus digosok kaki kita ustadz?

  5. Untuk hal basuh kaki ketika wudhu…
    Apakah dari lutut smpai mata kaki dan jari² kaki atau
    Dari mata kaki smpai jari² kaki…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here