Cara Berhubungan Suami Istri Pada Bulan Ramadan

0
2719

BincangSyariah.Com – Salah satu hal yang dapat membatalkan puasa adalah melakukan berhubungan suami istri pada siang hari bulan Ramadan. Perbuatan ini selain membatalkan puasa, pelakunya juga diganjari dosa (jika ia melakukannya secara sengaja padahal mengetahui keharamannya). Sekaligus, ia berkewajiban membayar kafarat dengan memilih salah satu dari tiga hal berikut secara tertib berdasarkan kemampuan.

Pertama yaitu memerdekakan seorang budak. Kalau tidak sanggup berpuasa dua bulan berturut-turut. Dan jika tidak sanggup juga, memberi makan 60 orang fakir miskin. Lantas pertanyaannya sekarang, apakah berhubungan suami istri tersebut dilarang sama sekali pada Bulan Ramadan?

Jawabannya tidak. Hubungan seksual suami istri tetap dibolehkan tapi pada malam hari. Adapun dalilnya adalah terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah : 187 yang berbunyi, “dihalalkan bagimu pada malam bulan Ramadan untuk bercampur (melakukan hubungan seksual) dengan istrimu.” Hal ini merupakan salah satu keringanan yang Allah Swt berikan kepada umat Nabi Muhammad Saw. Allahu A’lam

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here