Bolehkah Sujud Syukur Dilakukan dalam Salat Wajib?

0
1864

BincangSyariah.Com –  Ketika kita mendapatkan nikmat tak terduga dari Allah, atau terhindar dari musibah yang hampir menimpa kita, maka kita dianjurkan untuk melakukan syujud syukur kepada Allah. Syarat dan tata cara sujud syukur ini sama persis dengan syarat dan tata cara sujud tilawah di luar salat. Namun bolehkah sujud syukur dilakukan dalam salat wajib, sebagaimana kebolehan melakukan sujud tilawah dalam salat?

Meskipun syarat, tata cara dan bacaan sujud syukur sama dengan sujud tilawah, namun sujud syukur tidak boleh dilakukan di dalam salat, baik salat fardu maupun salat sunah. Hal ini karena sujud tilawah masih ada kaitan dan hubungan dengan salat, sementara sujud syukur tidak ada kaitan dan hubungan sama sekali dengan salat.

Oleh karena itu, kita tidak boleh melakukan sujud syukur dalam salat. Jika kita melakukannya dengan sengaja dan tahu bahwa hal tersebut dilarang, maka salatnya menjadi batal, tidak sah. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Zakaria al-Anshari dalam kitab Fathul Wahhab bi Syarh Manhaj al-Thullab berikut;

وَسَجْدَةُ الشُّكْرِ لَا تَدْخُلُ صَلَاةً ) فَلَوْ فَعَلَهَا فِيهَا عَامِدًا عَالِمًا بِالتَّحْرِيمِ بَطَلَتْ

“Dan sujud sujud syukur tidak masuk dalam salat. karena itu, jika seseorang melakukan sujud syukur dalam salat dengan sengaja dan tahu tentang keharamannya, maka salatnya batal.”

Dalam kitab Asna al-Mathalib, Syaikh Zakaria al-Anshari juga mengatakan sebagai berikut;

وَهِيَ أَيْ سَجْدَةُ الشُّكْرِ كَسَجْدَةِ التِّلَاوَةِ الْمَفْعُولَةِ خَارِجَ الصَّلَاةِ شَرْطًا وَكَيْفِيَّةً وَلَا تَدْخُلُ الصَّلَاةَ إذْ لَا تَتَعَلَّقُ بها فَإِنْ سَجَدَهَا في الصَّلَاةِ عَامِدًا عَالِمًا بِالتَّحْرِيمِ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ

“Sujud syukur sama seperti sujud tilawah yang dilakukan di luar salat, baik syarat maupun tata caranya. Dan sujud syukur tidak masuk dalam salat karena tidak ada kaitannya dengan salat. Jika seseorang sujud syukur di dalam salat dengan sengaja dan tahu keharamannya, maka salatnya batal.”

Baca Juga :  Aktualisasi Nilai-nilai Kurban dalam Membentuk Keluarga Sakinah

Sujud syukur harus dilakukan di luar salat, bukan di dalam salat. Jika kita melakukan sujud syukur di dalam salat dengan sengaja, maka salat kita batal. Namun jika karena lupa atau tidak tahu, maka salat kita tidak batal, hanya saja kita dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here