Bolehkah Salat Id Sendiri?

0
699

BincangSyariah.Com – Syekh Wahbah Al Zuhaili di dalam kitab Alfiqh Al Islami Wa Adillatuhu mengatakan bahwa ulama fikih berbeda pendapat mengenai hukum salat id sendiri.

Menurut ulama Hanafiyyah dan Malikiyyah, tidak boleh salat id dilakukan dengan sendirian. Sebab salat id adalah salat sunah yang dianjurkan berjamaah maka tidaklah sempurna salat id yang dilakukan dengan sendirinya.

Akan tetapi menurut ulama Syafiyyah dan Hanabilah, sebenarnya salat id itu boleh dilaksanakan dengan tidak berjamaah (sendirian). Sebab ulama Syafiiyyah menganggap salat id dengan berjamaah itu berhukum sunnah, maka boleh dilaksanakan dengan sendirian. Seperi halnya salat gerhana pun, boleh dilaksanakan dengan sendirian.

Ia boleh melaksanakan salat id kapan saja ia mau, baik sebelum tergelincirnya matahari atau setelahnya dengan tetap memenuhi tatacara salat id. Meskipun ia lakukan dengan sendirian atau dengan berjamaah yang makmumnya kurang dari empat puluh orang.

Namun, jika seseorang itu masih mendapati imam dalam keadaan tasyahud, maka ia (setelah niat dan takbiratul ihram) langsung duduk mengikuti imam, lalu setelah imam salam, ia berdiri dan melaksanakan salat dua rakaat seperti tata cara salat id, yakni takbir tujuh kali di rakaat pertama dan lima kali di rakaat kedua. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here