Bolehkah Puasa Sunnah Tanpa Sahur?

0
9

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa ketika kita hendak melakukan puasa, baik sunnah maupun wajib, terutama puasa wajib di bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk bersahur. Namun di waktu tertentu terkadang kita tidak bersahur, baik karena ketiduran, karena malas, dan lain sebagainya. Sebenarnya, bolehkah kita melakukan puasa sunnah tanpa sahur?

Melakukan puasa, baik puasa sunnah maupun wajib, tanpa sahur itu hukumnya boleh. Puasa tetap dihukumi sah meskipun kita tidak sahur. Ini karena sahur hukumnya adalah sunnah, bukan wajib. Sehingga meskipun kita melakukan puasa sunnah tanpa sahur, kita tetap boleh berpuasa keesokan harinya.

Mengenai hukum kesunnahan sahur ini, Syaikh Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in mengatakan sebagai berikut;

وسن لصائم رمضان وغيره تسحر وتأخيره ما لم يقع في شك وكونه على تمر لخبر فهويحصل ولو بجرعة ماء ويدخل وقته بنصف الليل

Disunnahkan bagi orang hendak berpuasa di bulan Ramadhan dan lainnya untuk sahur dan mengakhirkannya asalkan tidak sampai pada waktu yang diragukan. Sahur dianjurkan dengan kurma berdasarkan sebuah hadis, namun ia bisa dilakukan meskipun dengan hanya minum seteguk air. Waktunya dimulai sejak pertengahan malam.

Meski hukum sahur adalah sunnah, namun ketika kita hendak berpuasa, kita sangat dianjurkan sekali untuk sahur. Selain karena sahur mengandung keberkahan, juga dengan sahur kita bisa tetap merasa kuat dalam beraktivitas ketika sedang berpuasa. (Baca: Diundang Resepsi Pernikahan, Apa Hukumnya Meneruskan Puasa Sunnah?)

Terdapat beberapa hadis yang menganjurkan sahur ketika hendak berpuasa. Di antaranya adalah hadis riwayat Imam Bukhari dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةٌ

Bersahurlah, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan.

Baca Juga :  Doa Setelah Sikat Gigi Saat Bangun Tidur Menjelang Sahur

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam Ahmad dari Said Al-Khudri, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang makan sahur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here