Bolehkah Menghadiahkan Pahala Bacaan Alquran Untuk Orang Masih Hidup?

0
9952

BincangSyariah.Com – Ulama Ahlussunnah wal Jamaah telah sepakat akan sampainya pahala bacaan Alquran yang dihadiahkan oleh orang yang masih hidup kepada yang sudah meninggal dunia. Penulis juga sudah mengulasnya terkait hal ini (klik di sini). Lalu bagaimana jika hadiah pahala bacaan Alquran tersebut dihadiahkan kepada orang yang masih hidup? Apakah hal ini diperbolehkan?

Terkait pahala bacaan Alquran yang dihadiahkan untuk orang-orang yang masih hidup, maka Syeikh Dr. Ali Jum’ah telah menjawabnya.

الأصل أن ثواب القراءة يكون لصاحبها، لكن يجوز للإنسان على سبيل الدعاء أن يقول مثلًا: “اللهم هب مثل ثواب عملي هذا أو قراءتي هذه إلى فلان أو فلانة، حيًّا كان أو ميتًا”، وهبة الثواب على جهة الدعاء مما اتفق عليه العلماء.

Pada dasarnya pahala membaca Alquran adalah milik pembacanya. Tetapi, boleh bagi manusia atas dasar doa mengatakan semisal “Allahumma Hab Mitsla Tsawabi Amali Hadza Au Qiraati Hadzihi Ila Fulan au Fulanah, Hayyan kana au Mayyitan.” Ya Allah, berikanlah semisal pahala amalku ini atau bacaanku ini untuk si fulan (laki-laki) atau fulanah (perempuan), baik dia masih hidup atau telah tiada. Pemberian hadiah pahala tersebut adalah kategori doa sebagaimana yang telah disepakati oleh para ulama.

Berdasarkan keterangan Syekh Ali Jumah di laman Darul Ifta’ Al-Misriyyah tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pahala membaca Alquran untuk orang yang masih hidup adalah boleh. Sebagaimana doa yang boleh kita panjatkan atas nama siapapun, maka membaca Alquran pun demikian. Bahkan ulama telah sepakat akan kebolehan menghadiahkan amal kebajikan atau membaca Alquran baik untuk yang masih hidup atau telah meninggal. Oleh karena itu, maka sangat boleh sekali jika kita membaca Alquran atau melakukan hal-hal kebaikan apapun kita hadiahkan untuk orang tua atau guru-guru kita, baik mereka masih hidup atau telah tiada. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Baca Juga :  Cara Cepat Khatamkan Alquran dalam Tujuh Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here