Bolehkah Berkurban Hewan Gemuk Tapi Belum Cukup Umur?

0
3603

BincangSyariah.Com – Salah satu syarat sah hewan dijadikan kurban adalah harus cukup umur atau sudah mencapai usia minimal yang telah ditetapkan oleh syariat.

Para ulama telah menetapkan bahwa minimal usia kambing jenis domba 1 tahun, atau minimal berumur 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba yang berumur 1 tahun.

Adapun bagi kambing biasa, maka minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun ke 2.

Sementara untuk hewan unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3.  Inilah ketentuan batas minimal usia hewan bisa dijadikan hewan kurban.

Lantas bagaimana hukum berkurban dengan hewan besar dan gemuk tapi tidak cukup umur seperti halnya sapi perah?

Para ulama telah sepakat bahwa berkurban dengan hewan yang belum cukup umur hukumnya tidak sah, meskipun hewan tersebut besar dan gemuk. Ketentuan usia minimal hewan kurban yang telah ditetapkan oleh syariat harus terpenuhi. Jika belum mencapai usia minamal hewan kurban, maka tidak boleh dijadikan kurban.

Dr. Hisamuddin dalam kitabnya Almufshshal fi Ahkamil Udhiyah mengatakan;

واتفق العلماء على انه لا تجوز الاضحية بما دون الثني من الابل والبقر والمعز

“Ulama sepakat bahwa tidak boleh berkurban dibawah usia ‘tsani’/minimal dari unta, sapi dan kambing kacang.”

Oleh karena itu, ketika membeli hewan di pasar untuk dijadikan kurban, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu dengan baik dan seksama. Jika sudah mencapai usia minimal kurban, maka boleh dibeli. Namun jika belum mencapai usia kurban, maka jangan dibeli meskipun postur tubuhnya besar dan gemuk.

Hal ini karena yang menjadi syarat sah kurban adalah cukup umur sebagaimana dijelaskan di atas, bukan besar dan gemuknya. Besar dan gemuk sifatnya sunah dan anjuran, sedangkan cukup umur adalah wajib dan menjadi syarat sah kurban.

Baca Juga :  PBNU Sarankan Tak Gunakan Plastik untuk Pembagian Daging Kurban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here