Bolehkah Akikah dengan Sapi?

2
684

BincangSyariah.Com – Lazim diketahui bahwa akikah menggunakan kambing. Jika anak yang lahir laki-laki disunahkan akikah dengan menyembelih dua ekor kambing, sementara jika yang lahir perempuan disunahkan akikah dengan menyembelih satu ekor kambing. Namun apakah boleh akikah dengan selain kambing, misalnya dengan sapi?

Tentang kebolehan akikah dengan selain kambing ini terjadi perbedaan perndapat di antara para ulama. Namun kebanyakan ulama membolehkan akikah dengan selain kambing asalkan dari jenis hewan yang biasa digunakan untuk kurban, yaitu binatang ternak atau an’am; unta, sapi dan kambing.

Dalam kitab Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu, Syaikh Wahbah Azzuhaili sedikit menggambarkan perbedaan ulama tentang kebolehan akikah dengan selain kambing.

جنسها وسنها وصفتها هي مثل الاضحية من الانعام : الابل والبقر والغنم. وقيل : لا يعق بالبقر ولا بالابل

“Jenis hewan yang bisa digunakan akikah sama persis dengan jenis hewan yang bisa digunakan untuk kurban, yaitu hewan ternak berupa unta, sapi, dan kambing. Sebagian ulama mengatakan, tidak boleh akikah dengan sapi dan unta (akikah harus dengan kambing).”

Jumhur atau kebanyakan ulama dari mazhab Syafiiyah, Hanafiyah, Hanabilah dan sebagian ulama mazhab Malikiyah membolehkan akikah dengan selain kambing, yaitu dengan sapi atau unta. Mereka sepakat bahwa akikah dengan sapi atau unta hukumnya sah dan boleh sebagaimana akikah dengan kambing.

Salah satu dasar yang mereka kemukakan adalah karena sapi dan unta juga termasuk hewan yang biasa digunakan untuk persembahan ibadah seperti digunakan untuk kurban dan hadyu. Selain itu, dalam hadis riwayat Imam Bukhari yang memerintahkan akikah untuk anak yang telah dilahirkan tidak menyebutkan hewan tertentu untuk disembelih, namun memerintahkan untuk menyembelih hewan secara umum.

Baca Juga :  Bolehkah Satu Sapi Digunakan Akikah Tujuh Anak?

مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى

“Bersama bayi itu ada akikahnya, maka sembelihlah hewan, dan hilangkanlah gangguan darinya.”

Bahkan dalam kitab Kifayatul Akhyar disebutkan bahwa menurut pendapat yang sahih, akikah dengan unta dan sapi lebih utama dibanding akikah dengan menggunakan kambing. Meskipun ada ulama lain yang mengatakan akikah dengan kambing lebih utama karena lebih sesuai dengan teks bunyi sunah.

وَالْأَصَحُّ أَنَّ الْبَدَنَةَ وَالْبَقَرَةَ أَفْضَلُ مِنَ الْغَنَمِ وَقِيلَ بَلِ الْغَنَمُ أَفْضَلُ أَعْنِي شَاتَيْنِ فِي الْغُلَامِ وَشَاةً فِي الْجَارِيَةِ لِظَاهِرِ السُّنَّةِ

“Menurut pendapat yang paling sahih, akikah dengan unta gemuk (al-badanah) atau sapi lebih utama dibanding akikah dengan kambing. Namun dalam pendapat lain dikatakan bahwa akikah dengan kambing lebih utama, yang saya maksudkan adalah dengan dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan satu ekor kambing untuk bayi perempuan, karena sesuai dengan bunyi sunah.”

Dengan demikian, akikah tidak hanya dengan kambing saja, namun juga boleh dengan unta dan sapi. Selain ketiga jenis hewan tersebut tidak boleh digunakan untuk akikah sebagaimana tidak boleh juga digunakan untuk kurban.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here