Besok Hari Arafah 2020, Ini Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Arafah

0
1748

BincangSyariah.Com – Ibadah haji tetap dilaksanakan di Arab Saudi. Hanya saja, karena Arab Saudi masih menutup negaranya demi menghindari resiko pandemi Covid-19, maka saat ini haji hanya diikuti oleh masyarakat Arab Saudi sendiri khususnya yang tinggal di kota Mekkah.

Namun kita tetap disunahkan untuk melaksanakan puasa Arafah, yang jatuh pada esok hari, 30 Juli 2020. Pada saat kita yang tidak melaksanakan haji melaksanakan puasa, maka yang sedang melaksanakan rangkaian ibadah haji akan mulai melaksanakan wukuf di Arafah.

Memperbanyak puasa sunnah, termasuk diantaranya adalah puasa Arafah, adalah diantara cara orang beriman untuk terus mendekatkan diri kepada Allah. Ini bahkan disampaikan sendiri oleh Allah Swt. dalam sebuah hadis Qudsi, yang diriwayatkan oleh al-Bukhari, dari Abu Hurairah Ra., dari Rasulullah Saw., bahwasanya Allah Swt. berfirman,

وَمَا يَزَالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

“Dan hambaku selalu mendekatkan diri kepadaku dengan ibadah-ibadah sunnah sampai aku mencintainya” (HR. Al Bukhari).

Kemudian, keutamaan puasa Arafah secara spesifik disebutkan dalam hadis riwayat Muslim, dari Aisyah Ra.,

« مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ »

“Tidak ada hari yang Allah paling banyak membebaskan hambaNya dari (siksa) api neraka daripada hari Arafah, dan sungguh Allah akan mendekatinya dan menampakkan keutamaannya di hadapan Malaikat, lalu Allah berfirman: “Apa yang mereka inginkan?” (H.R. Muslim)

Demikianlah diantara riwayat-riwayat terkait keutamaan puasa Arafah. Adapun bacaan niat puasa Arafah adalah sebagai berikut,

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Nawaitu shouma ‘arafata sunnatan lillahi ta’ala

Saya berniat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala. 

Niatnya sudah dapat dibaca pada sejak matahari terbenam pada hari ke-8 bulan Dzulhijjah (di tahun 2020, jatuh pada hari ini/29 Juli 2020) sampai menjelang azan subuh pada esok hari.

Baca Juga :  Semua Bentuk Ketaatan Kepada Allah Disebut Zikir

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here