BincangSyariah.Com – Di sebagian masyarakat di daerah, ada anggapan bahwa sebelum seseorang melakukan akikah, maka tidak boleh berkurban. Anggapan ini berlangsung karena mereka menilai akikah lebih penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Bahkan ada di kalangan daerah tertentu yang beranggapa lebih ekstrim lagi, yaitu berkurban tidak sah hukumnya jika belum melakukan akikah.

Dalam fiqih, bagaimana sebenarnya hukum berkurban sebelum melakukan akikah? Apakah melakukan akikah harus didahulukan sebelum berkurban?.

Anggapan bahwa tidak boleh berkurban sebelum melakukan akikah adalah tidak benar. Hal ini karena dalam syariat tidak ada ketentuan bahwa berkurban hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah melakukan akikah. Oleh karena itu, seseorang boleh berkurban meski belum melakukan akikah.

Setidaknya ada dua pertimbangan yang menjadi dasar kebolehan berkurban terlebih dulu meski belum melakukan akikah. Bahkan dalam keadaan tertentu, berkurban harus didahulukan dibading akikah.

  1. Kurban lebih utama dibanding akikah, bahkan Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa kurban wajib dilakukan sekali dalam setiap tahun bagi orang yang tinggal di kota. Sementara selain Imam Abu Hanifah seperti Imam Syafii berpendapat bahwa kurban hukumnya sunah muakkad atau sangat dianjurkan. Meski hukumnya sunah muakkad, makruh hukumnya tidak berkurban bagi orang yang mampu. Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Abu Daud dari Abu Hurairah, Nabi Saw. bersabda;

من وجد سعة فلم يضح فلا يقربن مصلانا

“Barangsiapa mendapatkan kelapangan rizeki tapi tidak berkurban, maka jangan mendekati tempat shalat kami.”

Sementara itu dalam kitab Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu disebutkan, jumhur ulama sepakat bahwa hukum akikah adalah sunah dan tidak wajib. Bahkan ulama Hanafiyah mengakatan bahwa akikah hanya mubah dan tidak disunahkan karena perintah berkurban menghapus perintah akikah.

  1. Perintah kurban ditujukan kepada setiap orang yang sudah mukallaf dan memiliki kemampuan untuk berkurban. Sementara akikah ditujukan kepada ayah anak yang dilahirkan. Sehingga jika ayahnya tidak melakukan akikah untuk anak tersebut, maka anak tidak dituntut untuk melakukan sendiri. Hanya saja jika anak sudah mampu, maka diperkenankan melakukan akikah untuk dirinya sendiri.
Baca Juga :  Bolehkah Daging Hewan Akikah Diberikan kepada Non-Muslim

Dari dua dasar pertimbangan di atas, maka dapat disimpulkan tentang kebolehan berkurban meski belum akikah. Bahkan jika dihadapkan pada dua pilihan antara kurban dan akikah karena keterbatasan dana yang dimiliki, maka sebaiknya mengutamakan berkurban terlebih dahulu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here