Bergerak Lebih dari Tiga Kali, Apakah Shalat Batal?

0
2629

BincangSyariah.Com – Salah satu kesunahan dalam shalat adalah khusyuk. Makna khusyuk di sini tidak hanya memfokuskan pikiran dan hati, tapi juga menahan anggota tubuh untuk tidak melakukan sesuatu yang bukan bagian dari gerakan shalat. Sebab itu, orang yang sedang shalat dimakruhkan untuk melakukan selain gerakan shalat. Bahkan hal itu bisa menyebabkan shalat batal. Misalnya, shalat sambil mengayunkan tangan, menggaruk-garuk kepala, menyela-nyela jenggot, dan gerakan lainnya. Apakah beregerak lebih dari tiga kali itu membatalkan shalat?

Dalam Fiqhul Manhaji dijelaskan, di antara yang membatalkan shalat adalah melakukan selain gerakan shalat lebih dari tiga kali. Gerakan itu dilakukan secara sengaja dan berturut-turut. Karena kalau terlalu banyak bergerak dianggap menyalahi prinsip keteraturan dalam shalat. (Baca: Bayi Menangis, Bolehkah Membatalkan Shalat?)

Karenanya, sebaiknya kita menahan diri untuk tidak melakukan gerakan selain gerakan shalat agar shalat tetap khusyu’ dan sah. Kalaupun terpaksa melakukan selain gerakan shalat, jangan sampai lebih dari tiga kali agar shalatnya tidak batal.

*artikel ini pernah dimuat di islami.co

Baca Juga :  Pelajari Tujuh Hal Penting Terkait dengan Niat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here