Berapa Jumlah Rakaat Shalat Hajat?

0
1226

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa shalat hajat termasuk shalat sunnah yang dianjurkan untuk kita kerjakan. Umumnya, ketika kita melaksanakan shalat hajat, kita hanya melakukannya sebanyak dua rakaat. Namun dalam kondisi tertentu, kita melakukan lebih dari dua rakaat. Sebenarnya, berapa jumlah rakaat shalat hajat yang boleh kita lakukan? (Baca: Tata Cara Shalat Hajat Lengkap)

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama terkait jumlah rakaat shalat hajat. Menurut ulama Malikiyah, Hanabilah dan ulama Syafiiyah, jumlah rakaat shalat hajat hanya dua rakaat saja. Karena itu, melakukan shalat hajat lebih dari dua rakaat tidak diperbolehkan disebabkan karena jumlah maksimal shalat hajat hanya dua rakaat.

Sementara menurut ulama Hanafiyah, jumlah rakaat shalat hajat adalah empat rakaat. Terdapat sebagian ulama dari kalangan ulama Syafiiyah, yaitu Imam Al-Ghazali, yang berpendapat berbeda dari kebanyakan ulama. Beliau mengatakan bahwa jumlah rakaat shalat hajat tidak terbatas hanya dua atau empat rakaat, melainkan sampai dua belas rakaat.

Penjelasan ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

اختلف في عدد ركعات صلاة الحاجة فذهب المالكية والحنابلة وهو المشهور عند السادة الشافعية وقول عند الحنفية الى انها ركعتان والمذهب عند الحنفية انها اربع ركعات وفي قول عندهم  وهو قول الغزالي انها اثنتا عشرة ركعة وذلك لاختلاف الروايات الواردة في ذلك

Para ulama berbeda pendapat terkait jumlah rakaat shalat hajat. Ulama Malikiyah dan ulama Hanabilah, dan ini merupakan pendapat yang masyhur di kalangan ulama Syafiiyah dan diikuti sebagian ulama Hanafiyah, mengatakan bahwa jumlah rakaat shalat hajat adalah dua rakaat. Menurut madzhab resmi ulama Hanafiyah adalah empat rakaat. Sebagian ulama Hanafiyah berpendapat, dan ini merupakan pendapat Imam Al-Ghazali, bahwa jumlah rakaat shalat hajat adalah dua belas rakaat. Perbedaan pendapat ini disebabkan karena perbedaan riwayat yang menjelaskan masalah shalat hajat.

Baca Juga :  Bolehkah Zakat Diberikan kepada Anak Yatim?

Dengan demikian, tidak ada kesepakatan di kalangan para ulama terkait jumlah rakaat shalat hajat. Namun jika mengikuti pendapat Imam Al-Ghazali yang mengatakan bahwa jumlah rakaat shalat hajat adalah dua belas rakaat, maka kita diperbolehkan melakukan shalat hajat lebih dari dua rakaat hingga dua belas rakaat. Tidak masalah melakukan shalat hajat lebih dari dua rakaat selama tidak sampai melebihi batas maksimal, yaitu dua belas rakaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here