Benarkah Puasa Dapat Membersihkan Jiwa Manusia?

0
216

BincangSyariah.Com – Ada seseorang bertanya, ” Waktu dzikir aku melihat diriku sendiri saat saya panggil beberapa kali dia tidak mau menoleh kepadaku,  apa sebabnya?

Saya pun menjawab, ” Wujud yang kamu lihat itu sejatidirimu sendiri. Adapun kenapa dia tidak mau menoleh kepadamu karena jiwamu masih penuh kotoran dosa jika jiwamu sudah bersih maka sejatidirimu mau menemuimu.”

Sejatidiri itu adalah perwujudan dari Ruh kita yang berasal dari tiupan Allah. Dalam Al-Qur’an disebutkan:

“Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya Ruh-Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan sujud kepadanya.”. (Q.S. 38:72)

Sejatidiri itu mempunyai sebutan yang banyak orang Jawa menyebutnya dengan Sukma Sejati, orang Hindu menyebutnya dengan Atman  pancaran dari Brahman. Dalam tasawuf di sebut dengan Ruh Idhofi yang wujudnya sama dengan diri kita tapi lebih mudah dan ganteng atau cantik serta bercahaya.

Sejatidiri itu mempunyai tugas membimbing jiwa untuk mencapai makrifat kepada Allah, sehingga dia disebut dengan Guru Sejati. Ketika Sukma melakukan Mi’roj Ruhani, maka Sejati Diri akan mendampingi dan memberikan penjelasan setiap melewati langit-langit Ruhani,  oleh karena itu kadang Sejatidiri disebut dengan Jibril Dalam Diri.

Lalu mengapa selama ini kita tidak bisa melihat dan  mengenal Sejatidiri?

Karena kotoran jiwa penuh dengan debu-debu dosa dan maksiat. Ibarat jiwa itu sebuah cermin, terlalu banyak debu yang menutupi sehingga ketika kita bercermin tidak memantulkan wujud kita di dalam cermin.

Begitu juga jika kita sering mengotori jiwa kita dengan perbuatan tercela dan dosa, maka jiea kita menjadi hitam legam dan gelap. Sehingga kita tidak bisa melihat Sejatidiri. Untuk itu jiwa harus digosok dan dibersihkan agar menjadi bersih dan bening.

Baca Juga :  Ini Enam Amalan yang Disunahkan setelah Shalat Jumat Hingga Menjelang Malam

Dari Hudzaifah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَجَارِهِ تُكَفِّرُهَا الصَّلاَةُ وَالصِّيَامُ وَالصَّدَقَةُ.”

“Kesalahan seseorang terhadap keluarga, harta dan tetangganya akan dihapuskan oleh shalat, puasa dan shadaqah.” [HR. Bukhari – Muslim]

Puasa Ramadhan termasuk salah satu cara untuk membersihkan jiwa yang banyak kotorannya. Jika puasanya lahir dan bathin dan menjaga adab-adab puasa maka jiwa kita akan bersih dan bercahaya. Sehingga ketika kita dzikir atau meditasi maka Sejatidiri akan menemui kita.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, (bahwasanya) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ

“Semua amalan bani Adam untuknya kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya, puasa adalah perisai.

Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak. Jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah : Aku sedang berpuasa.

Demi dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, sesunguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada bau misik.

Orang yang puasa mempunyai dua kegembiraan, jika berbuka mereka gembira, jika bertemu Rabbnya mereka gembira karena puasa yang dilakukannya” [Bukhari – Muslim]. Semoga semua makhluk mendapatkan Cahaya Ramadhan.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here