Benarkah Baca Bismillahir Rohmanir Rohim Ketika Menyembelih Tidak Boleh?

0
373

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah video ada seorang ustadz yang menjelaskan bahwa ketika menyembelih hewan, kita tidak boleh membaca basmalah secara lengkap. Kita hanya cukup membaca kalimat ‘bismillah’ saja, tanpa perlu diteruskan dengan kalimat ‘al-rahmanir rohim.’ Alasannya karena kalimat ‘al-rahmanir rohim’ tidak pantas disandingkan dengan perbuatan yang sifatnya kekerasan, seperti menyembelih. Benarkah demikian?

Dalam Islam, di antara perkara yang sangat dianjurkan untuk diawali dengan bacaan basmalah adalah menyembelih hewan, terutama hewan kurban. Ketika Nabi Saw menyembelih hewan kurban, beliau mengawalinya dengan bacaan basmalah dan takbir. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata;

ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ فَرَأَيْتُهُ وَاضِعًا قَدَمَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا يُسَمِّي وَيُكَبِّرُ فَذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ

Nabi Saw menyembelih dua kambing kurban yang gemuk, dan saya melihat beliau meletakkan kakinya di atas sisi tubuh kedua kambing tersebut, kemudian membaca basmalah dan bertakbir seraya menyembelih kedua kambing tersebut dengan tangannya.

Mengenai masalah bacaan basmalah, para ulama berbeda pendapat apakah harus dibaca lengkap atau cukup hanya membaca ‘bismillah’ saja. Menurut sebagian ulama, sebaiknya kalimat basmalah dibaca secara lengkap dan sempurna. Ini adalah pendapat ulama Syafiiyah.

Sementara menurut ulama Malikiyah, bacaan basmalah cukup dibaca ‘bismillah’, tanpa perlu diteruskan dengan kalimat ‘al-rahmanir rohim’. Hal ini karena kedua kalimat tersebut tidak pantas diucapkan dalam kekerasan, dan menyembelih hewan termasuk perbuatan yang menyakiti hewan.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Bujairimi ‘ala Al-Khatib berikut;

وان يقول عند ذبحها بسم الله : والاكمل بسم الله الرحمن الرحيم وقيل لا يقول الرحمن الرحيم لان الذبح فيه تعذيب والرحمن الرحيم لا يناسبانه

Baca Juga :  Hukum Membaca Bismillah saat Sembelih Hewan Kurban

Dan hendaknya seseorang ketika menyembelih hewan membaca ‘bismillah’. Dan, yang paling sempurna adalah membaca ‘bismillahir rohmanir rohim.’ Sebagian ulama mengatakan, seseorang tidak boleh mengatakan ‘al-rahmanir rohim’. Hal ini karena menyembelih di dalamnya terdapat penyiksaan, dan kalimat ‘al-rahmanir rohim’ tidak pantas diucapkan untuk menyiksa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here