Batalkah Salat yang Dilintasi Orang di Hadapannya?

0
762

BincangSyariah.Com – Dalam kitab Shahih Siafati Shalatin Nabi Saw. karya Hasan bin Ali Assaqaf disebutkan bahwa salat yang dilintasi orang atau apapun di depannya tidak batal. Baik yang melintas laki-laki atau perempuan, atau hewan sekalipun, tidak membatalkan salat. Ini merupakan pendapat yang sahih yang diikuti oleh kebanyakan ulama.

Hal ini didasarkan pada sebuah atsar dalam kitab Shahih Bukhari, bahwa suatu ketika Ibnu Syihab Azzurhri ditanya berikut;

سئل عن الصلاة هل يقطعها شيئ ؟ فقال : لا يقطعها شيئ

“Ibnu Syihab Azzuhri ditanya tentang salat, apakah bisa terputus dengan sesuatu tertentu? Beliau menjawab, ‘Tidak bisa terputus dengan sesuatu apapun.”

Selain itu, disebutkan dalam sebuah hadis bahwa suatu ketika Sayidah Aisyah tidur di depan Nabi Saw. pada saat beliau sedang salat. Ini menunjukkan bahwa salat tidak batal hanya dengan keberadaan seseorang atau dilewati orang lain di depannya.

Hadis dimaksud diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Sayidah Aisyah, dia berkata;

لقد رأيتني بين يدي رسول الله معترضة كاعتراض الجنازة وهو يصلي

“Sungguh aku pernah melihat diriku sendiri di hadapan Nabi Saw. tidur melintang seperti jenazah sedangkan beliau sedang salat.”

Adapun hadis yang menyebutkan bahwa salat bisa batal karena dilewati perempuan, keledai dan anjing, hal itu bukan membatalkan salat melainkan hanya membatalkan kekhusyukan salat. Hal ini merupakan penafsiran Imam Syafii, sebagaimana disebutkan dalam kitab Sifati Shalatin Nabi karya Hasan bin Assqaf berikut;

وقد فسر الشافعي رحمه الله حديث ” يَقْطَعُ الصَّلَاةَ، الْمَرْأَةُ، وَالْحِمَارُ، وَالْكَلْبُ، بأنها تقطع الخشوع. أي ان هذه الأمور تقطع الخشوع لا في الصلاة ولا تبطلها

Imam Syafii menafsirkan hadis “Perempuan, keledai dan anjing bisa memutuskan salat”, bahwa sesungguhnya perempuan, keledai dan anjing tersebut memutus kekhusyukan salat. Artinya, hal tersebut memutus kekhusyukan dalam salat namun tidak membatalkannya.”

Baca Juga :  Hukum Melantunkan Tarhim Sebelum Adzan Shalat Subuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here