Bagaimana Seharusnya Kondisi Hati ketika Berdoa?

0
365

BincangSyariah.Com – Jika kita perhatikan, Nabi Muhammad Saw adalah Rasul yang paling banyak melakukan rangkaian doa secara terus-menerus dibandingkan dengan nabi dan rasul sebelumnya. Beliau biasanya membaca doa tertentu pada situasi tertentu, seperti bangun tidur, masuk dan keluar masjid, waktu petang dan pagi dan masih banyak lagi.

Namun kita tidak cukup dengan hanya mengikuti dan menghafalkan doa-doa yang Rasulullah ajarkan tanpa melihat dan mempelajari spirit di balik doa yang beliau lantunkan. Allah berfirman

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

Artinya; Siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).(QS. al-Naml: 62)

Doa yang diuraikan dalam ayat di atas, tidak hanya berkenaan dengan perkara duniawi tapi juga perkara akhirat. Melalui keadaan menderita, merasa butuh, rendah hati dan berharap yang dirasakan dalam hati lah pertolongan dan rahmat Allah Swt akan datang.

Mengenai bagaimana seharusnya kondisi hati saat memohon dan berdoa kepada Allah, Ibnu Athaillah dalam al-Hikam berkata

ما طلب لك شيئ مثل الإضطرار

Cara terbaik untuk meminta kepada Allah adalah melalui eskpresi penderitaanmu

ولا أسرع بالمواهب إليك مثل الذلة والإفتقار

dan cara paling cepat untuk mendapatkan anugerah-anugerah ketuhanan adalah melalui ekspresi rendah diri dan rasa butuh kepada-Nya.

Apa yang dibahas oleh Ibnu Athaillah bukanlah mengenai tata cara berdoa agar Allah mengabulkan permintaan kita, akan tetapi bagaimana kondisi hati kita ketika sedang berdoa, hal ini yang sangat sering kita abaikan.Yaitu merasa menderita hingga kita meminta kepada-Nya dengan segala rasa rendah diri dan rasa butuh yang kita rasakan dalam hati kita.

Baca Juga :  Hukum Menangis Saat Membaca Alquran

Bahkan ketika kita mengakui telah mengikuti tata cara berdoa dengan melantunkan doa-doa yang pernah Rasul panjatkan, maka sepatutnya kita sadari apa spirit dalam doa tersebut dan bagaimana keadaan hati Rasulullah ketika memanjatkan permohonan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here