Bagaimana Hukum Memotong Kuku di Siang Hari pada Bulan Ramadan?

0
3133

BincangSyariah.Com – Salah satu bentuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin memotong kuku, agar kuman tidak bersarang di bawah kuku yang panjang saat menyantap makanan. Lalu bagaimana hukum memotong kuku di siang hari pada bulan Ramadan?

Memotong kuku di siang hari pada bulan Ramadan adalah boleh dan tidak makruh, karena tidak ada dalil yang menunjukkan kepada kemakruhannya. Bahkan memotong kuku adalah bagian dari sunnah yang dianjurkan oleh Nabi saw.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «الْفِطْرَةُ خَمْسٌ، أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ: الْخِتَانُ، وَالاسْتِحْدَادُ، وَنَتْفُ الإِبِطِ، وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ، وَقَصُّ الشَّارِبِ» أخرجه البخاري في “صحيحه”.

Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, “Fitrah itu ada lima atau ada lima hal bentuk fitrah, yaitu khitan (sunat), mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong bulu kumis.”  (H.R. Al-Bukhari)

Dengan demikian, maka selain menjalankan ibadah-ibadah wajib seperti puasa Ramadan, sebaiknya kita juga memperhatikan ibadah sunnah yang dianjurkan, seperti memotong kuku, apalagi hal ini dapat menunjang kesehatan kita.

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Tidurnya Orang Puasa Itu Ibadah, Hadis Atau Bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here