Ketika Imam Baca Shalawat dalam Qunut Shubuh, Makmum Membaca Shalawat atau Amin?

0
1634

BincangSyariah.Com – Ketika kita mendengar nama Nabi Muhammad Saw disebut, maka kita dianjurkan untuk membaca shalawat kepadanya. Namun bagaimana jika nama Nabi Muhammad Saw disebut oleh imam dalam qunut shalat Shubuh, apakah harus membaca shalawat atau tetap membaca amin? (Baca: Hukum Membaca Doa Qunut Saat Shalat Subuh)

Jika nama Nabi Saw disebut oleh imam dalam qunut shalat Shubuh atau witir, maka menurut pendapat ulama yang paling shahih, makmum tetap dianjurkan untuk membaca amin. Makmum tidak perlu membaca shalawat kepada Nabi Saw ketika mendengar imam menyebut nama beliau dalam qunut. Hal ini karena membaca amin pada saat imam menyebut nama Nabi Saw termasuk bagian dari bershalawat kepada Nabi Saw.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiah Syibromalisi ‘Alan Nihayah berikut;

والصحيح  أنه يؤمن المأموم للدعاء جهرا كما في الكافي ، واقتضاه كلام التهذيب إذا جهر إمامه ، ومنه الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم فيؤمن كما صرح به المحب الطبري…. لأن طلب استجابة الصلاة عليه بآمين في معنى الصلاة عليه

Menurut pendapat yang shahih, makmum mengaminkan doa imam jika ia berdoa dengan suara nyaring, seperti dijelaskan dalam kitab Al-Kafi dan kitab Al-Tahdzib. Makmum juga mengaminkan jika imam membaca shalawat kepada Nabi Saw, sebagaimana ditegaskan oleh Imam Al-Thabari. Hal ini karena meminta istijabah shalawat atas Nabi Saw dengan amin sama artinya dengan bershalawat kepadanya.

Kemudian Imam Syibromalisi berkata;

لأن قوله آمين عند صلاة الإمام عليه في قوة أن يقول : استجب يا رب صلاة الإمام

Karena perkataan makmum ‘amin’ ketika imam membaca shalawat kepada Nabi Saw itu sama artinya dengan dia mengatakan; ‘Ya Allah, kabulkanlah bacaan shalawat imam’.

Baca Juga :  Shalawat Imam Ja’far al-Shadiq dan Keutamaannya

Dengan demikian, jika imam membaca shalawat kepada Nabi Saw dalam qunut shalat Shubuh dan witir dengan suara nyaring, maka sebaiknya makmum tetap mengaminkannya dan tidak perlu membaca shalawat. Karena mengaminkan bacaan shalawat imam sama nilainya dengan membaca shalawat kepada Nabi Saw. Wallahu a’lam bis showab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here