Hukum Membaca Setengah Ayat Al-Quran dalam Shalat

0
1825

BincangSyariah.Com – Dalam suatu masjid, pernah imam shalat berjemaah membaca ayat 282 surah Al-Baqarah. Ayat ini termasuk ayat terpanjang dalam Al-Quran. Imam tadi membaca ayat tersebut dalam rakaat, setengah ayat pada rakaat pertama dan setengah ayat selanjutnya pada rakaat kedua. Sebenarnya, bagaimana hukum membaca setengah ayat Al-Quran dalam shalat, seperti yang dilakukan imam tadi? (Saat Membaca Ayat-ayat Ini Dianjurkan Dibaca Pelan)

Membaca setengah ayat Al-Quran dalam shalat, sebagaimana dilakukan imam shalat berjemaah di atas, hukumnya boleh dengan syarat kalimat setengah ayat tersebut maksudnya bisa dipahami. Bahkan menurut para ulama, membaca setengah ayat Al-Quran dalam shalat jika maksud setengan ayat tersebut bisa dipahami tetap mendapatkan kesunnahan membaca ayat Al-Quran.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj berikut;

ويحصل أصل سنتها بآية بل ببعضها إن أفاد على الأوجه والأفضل ثلاث

Dan mendapatkan kesunnahan membaca Al-Quran dengan membaca satu ayat, bahkan setengah ayat jika maksudnya dipahami, menurut pendapat yang lebih unggul. Akan tetapi, yang lebih utama membaca paling sedikit tiga ayat.

Meskipun boleh membaca setengah ayat saja dalam shalat setelah surah Al-Fatihah, namun lebih utama dan sangat disunnahkan untuk membaca paling sedikit satu ayat dari surah Al-Quran. Yang lebih utama dari itu adalah membaca minimal tiga ayat Al-Quran. Hal ini karena surah Al-Quran yang paling pendek berisi tiga ayat, yaitu surah Al-Kautsar. Sehingga jika membaca surah Al-Quran dalam shalat, maka disunnahkan membaca minimal tiga ayat.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in berikut;

وسن آية فأكثر والأولى ثلاث بعدها أي بعد الفاتحة …..ويحصل أصل السنة بتكرير سورة واحدة في الركعتين وبإعادة الفاتحة إن لم يحفظ غيرها وبقراءة البسملة لا بقصد أنها التي هي أول الفاتحة

Baca Juga :  Tata Cara Shalat Hajat Agar Barang Hilang Cepat Kembali

Disunnahkan membaca satu ayat dan lebih banyak dari satu ayat, dan yang paling utama membaca tiga ayat setelah membaca surah Al-Fatihah…Dasar kesunnahan membaca ayat Al-Quran ini bisa diperoleh dengan mengulang surah yang sama pada rakaat kedua, mengulang surah Al-Fatihah jika tidak hafal surah yang lain, juga dengan membaca basmalah tapi bukan basmalah yang menjadi awal surah Al-Fatihah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here