Apakah Pandangan Diarahkan pada Tempat Sujud Saat Baca Doa Qunut?

1
1104

BincangSyariah.Com – Ketika melaksanakan salat, baik salat fardu maupun salat sunah, kita dianjurkan untuk mengarahkan pandangan mata ke arah tempat sujud. Jika kita mengarahkan pandangan mata ke arah yang lain, seperti ke atas dan ke samping, maka hukumnya makruh dan mengurangi kesempurnaan salat. Namun, bagaimana jika kita sedang membaca doa qunut dalam salat Subuh, apakah pandangan mata tetap diarahkan ke tempat sujud? Bagaimana jika diarahkan ke atas, apakah boleh?

Selama kita dalam salat, kita tetap disunahkan untuk mengarahkan pandangan ke arah tempat sujud, meskipun kita sedang membaca qunut. Mengarahkan pandangan ke atas atau ke arah lain selain tempat sujud saat membaca doa qunut hukumnya adalah makruh. Hanya ketika tasyahud saja yang dianjurkan untuk melihat telunjuk tangan. Adapun selain itu, kita dianjurkan untuk melihat dan mengarahkan pandangan mata ke tempat sujud.

Dalam kitab Mughni al-Muhtaj, Imam Syarbini mengatakan sebagai berikut;

ﻳﺴﻦ ﺇﺩاﻣﺔ ﻧﻈﺮﻩ ﺃﻱ: اﻟﻤﺼﻠﻲ ﺇﻟﻰ ﻣﻮﺿﻊ ﺳﺠﻮﺩﻩ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺻﻼﺗﻪ ﻷﻥ ﺟﻤﻊ اﻟﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﺃﻗﺮﺏ ﺇﻟﻰ اﻟﺨﺸﻮﻉ، ﻭﻣﻮﺿﻊ ﺳﺠﻮﺩﻩ ﺃﺷﺮﻑ ﻭﺃﺳﻬﻞ

“Disunahkan agar orang yang salat melanggengkan pandangan matanya ke arah tempat sujud selama dalam salat. Hal ini karena memfokuskan pandangan pada satu tempat bisa lebih mendatangkan kekhusyukan. Dan tempat sujudnya lebih mulia dan lebih mudah.”

Dalam kitab Tuhfatul Muhtaj disebutkan, bahwa jika saat membaca doa qunut kita mengangkat kedua tangan dengan cara keduanya ditempelkan, maka kita cukup melihat kedua tangan tersebut. Hal ini karena untuk melihat ke arah tempat sujud dinilai uzur karena terhalangi dengan kedua tangan. Adapun jika kita mengangkat kedua tangan dengan cara keduanya direnggangkan, maka kita tetap disunahkan melihat ke tempat sujud, buka melihat ke tangan atau arah lainnya.

Baca Juga :  Lupa Tidak Qunut Shalat Witir, Apakah Dianjurkan Sujud Sahwi?

وَبَحَثَ أَنَّهُ فِي حَالِ رَفْعِهِمَا يَنْظُرُ إلَيْهِمَا لِتَعَذُّرِهِ حِينَئِذٍ إلَى مَوْضِعِ السُّجُودِ وَمَحَلُّهُ إنْ أَلْصَقَهُمَا لَا إنْ فَرَّقَهُمَا

“Dijelaskan bahwa ketika orang yang salat mengangkat kedua tangan (saat membaca doa qunut), maka dia melihat kedua tangan tersebut karena dinilai uzur untuk melihat ke tempat sujud dalam keadaan demikian. Tempatnya (melihat ke tangan) jika kedua tangan ditempelkan, bukan ketika keduanya direnggangkan.”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here