Apakah terkena Najis Membatalkan Wudu?

0
516

BincangSyariah.Com – Imam Abu Syuja’ di dalam kitab taqribnya mengatakan bahwa hal-hal yang membatalkan wudu ada enam perkara sebagaimana tersebut di bawah ini:

ما خرج من السبيلين والنوم على غير هيئة المتمكن وزوال العقل بسكر أو مرض ولمس الرجل المرأة الأجنبية من غير حائل ومس فرج الآدمي بباطن الكف ومس حلقة دبره على الجديد

“Sesuatu yang keluar dari dua jalan (depan dan belakang), tidur tidak dalam keadaan duduk rapat, hilangnya akal sebab mabuk atau sakit, bersentuhannya laki-laki dengan perempuan lain tanpa adanya penghalang, menyentuh kemaluan manusia dengan telapak tangan dan menyentuh lubangnya dubur (jalan belakang) menurut qaul jadid (pendapat imam Syafii ketika di Mesir).”

Berdasarkan keterangan di atas menunjukkan bahwa terkena najis itu tidak membatalkan wudu. Sehingga bagi orang yang setelah wudu itu terkena najis seperti darah, kotoran cicak atau lainnya maka ia tidak perlu mengulang wudunya.

Hal yang perlu ia lakukan cukup menyucikan anggota tubuh yang terkena najis tersebut dengan membasuhnya sampai hilang baunya, rasanya dan warna atau bentuk najisnya.
Tetapi jika najisnya itu berupa najis mughalladzah, yakni seperti terkena jilatan anjing, maka ia harus mencucinya terlebih dahulu sebanyak tujuh kali basuhan dan salah satunya basuhannya dicampur dengan debu. Sebagaimana hadis

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذْ وَلَغَ فِيهِ اَلْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ, أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ. أَخْرَجَهُ مُسْلِم

Dari Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah Saw. bersabda: Sucinya bejana salah satu dari kalian jika terkena jilatan anjing adalah dengan membasuhnya sebanyak tujuh kali basuhan, dan yang pertama dicampur dengan debu. (HR. Muslim)

Baca Juga :  Tujuh Hal yang Dimakruhkan Saat Berwudu

Dan jika setelah itu melakukan salah satu dari keenam hal yang membatalkan wudu, maka ia wajib mengulang wudunya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here