Apakah Tahallul Itu Harus Botak ?

0
33

BincangSyariah.Com – Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa tahallul dengan mencukur atau memotong rambut kepala hukumnya adalah wajib. Namun apakah tahallul itu harus mencukur rambut sampai botak?

Terdapat dua cara memotong rambut kepala saat tahallul. Pertama disebut dengan halqu, yaitu mencukur rambut sampai botak. Kedua, taqshir, yaitu memendekkan rambut kepala dengan hanya memotong sebagian saja, minimal tiga helai rambut.

Kedua cara ini sama-sama boleh dilakukan. Laki-laki boleh mencukur rambut kepalanya sampai botak atau halqu, dan boleh juga memotong sebagian saja atau taqshir, minimal tiga helai rambut. Begitu juga perempuan boleh milih antara halqu atau taqshir. Dalil yang dijadikan dasar kebolehan milih antara halqu atau taqshir ini adalah firman Allah dalam surah Al-Fath [48]: 27 berikut;

لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إنْ شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ

Sesungguhnya kalian pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah, dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala kalian dan memendekkannya, sedang kalian tidak merasa takut.

Meski boleh antara halqu atau taqshir, hanya saja bagi laki-laki tahallul yang paling utama adalah mencukur gundul atau halqu. Bahkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim, Nabi Saw mendoakan ampunan tiga kali lebih banyak pada orang yang mencukur sampai botak dibanding orang yang hanya memendekkan saja. Hadis dimaksud adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : وَالْمُقَصِّرِينَ

Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis. Para sahabat berkata; Wahai Rasulullah, dan mereka yang memendekkan? Beliau masih berdoa; Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis. Para sahabat berkata; Wahai Rasulullah, dan mereka yang memendekkan? Beliau masih berdoa; Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis. Para sahabat kembali berkata; Wahai Rasulullah, Wahai Rasulullah, dan mereka yang memendekkan? Baru beliau berdoa; Dan juga bagi mereka yang memendekkan.

Dengan demikian, tahallul tidak harus mencukur rambut sampai botak, namun juga boleh hanya sekedar memendekkan saja, minimal tiga helai rambut. Hanya saja bagi laki-laki lebih utama mencukur rambut sampai botak, sementara bagi perempuan lebih utama taqshir atau memendekkan saja.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here