Apakah Sujud Tilawah Boleh Diqada’?

1
680

BincangSyariah.Com – Jika kita ketinggalan melaksanakan salat wajib tepat pada waktunya, maka kita wajib mengganti salat tersebut di waktu yang lain. Mengganti salat yang ketinggalan di waktu yang lain di dalam fiqih disebut dengan qada’. Apakah sujud tilawah boleh diqada’?

Sujud tilawah harus segera dilakukan setelah membaca ayat sajdah. Tidak boleh ada jarak waktu yang terlalu lama antara bacaan ayat sajdah dan sujud tilawah. Jika jarak waktunya sudah terlalu lama, maka kesunahan melakukan sujud tilawah menjadi gugur. Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam Nawawi dalam kitab Attibyan berikut;

قال العلماء : ينبغي ان يقع عقيب اية السجدة التي قرأها او سمعها فان أخر ولم يطل الفصل سجد وان طال فقد فات السجود

“Para ulama berkata; ‘Sepatutnya sujud tilawah dilakukan setelah baru selesai membaca atau mendengarkan ayat sajdah. Jika ditunda dan jeda waktunya tidak lama, maka boleh sujud tilawah. Namun jika jeda waktunya lama, maka sujud tilawah menjadi gugur.”

Batas jeda waktu antara bacaan ayat sajdah dan sujud tilawah dinilai lama jika lebih dari ukuran salat dua rakaat. Jika kurang dari ukuran waktu dua salat rakaat, maka masih dinilai pendek dan waktu melakukan sujud tilawah belum gugur.

Namun jika lebih dari ukuran salat dua rakaat, maka sujud tilawah telah gugur sehingga tidak disunahkan melakukannya dan juga tidak disunahkan untuk diqada’. Tidak disunahkan mengganti sujud tilawah di waktu yang lain setelah waktunya gugur. Hal ini sebagaimana dikatakan Imam Nawawi dalam kitab Attibyan;

فلا يقضى على المذهب الصحيح المختار كما لا تقضى صلاة الكسوف

“Maka sujud tilawah tidak disunahkan diganti (diqada’) menurut pendapat yang sahih dan dipilih, sebagaimana salat gerhana tidak diganti (setelah waktunya habis).”

Baca Juga :  Hukum Membaca Doa Qunut Nazilah Saat Shalat untuk Minta Hujan

1 KOMENTAR

  1. Salam
    Mohon penjelasan sujud tilawah dalam solat
    Dalam pemahaman saya maknanya sujud tilawah boleh dilakukan dalam semua solat wajib yakni 5 waktu
    Dan tidak semestinya surah sajadah sahaja dan waktu subuh jumaat sahaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here