Apakah Salat Jenazah Disunahkan Membaca Doa Iftitah?

0
1034

BincangSyariah.Com – Ketika kita melakukan salat fardu maupun salat sunah, maka setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surah Alfatihah kita disunahkan untuk membaca doa iftitah. Tidak ada bedanya salat fardu maupun salat sunah tersebut dilakukan di waktu malam atau siang, semuanya tetap disunahkan membaca doa iftitah. Apakah salat jenazah disunahkan membaca doa iftitah juga?

Dalam kitab Almajmu, Imam Nawawi menyebutkan bahwa kebanyakan ulama tidak menganjurkan membaca doa iftitah dalam salat jenazah. Sebaliknya mereka menganjurkan agar tidak membaca doa iftitah. Doa iftitah disunahkan agar ditinggalkan dalam salat jenazah. Ini merupakan pendapat yang paling sahih yang diikuti ulama kalangan Syafiiyah.

واتفقوا على أن الأصح أنه لا يأتي به ومعناه أن المستحب تركه وبهذا قطع جمهور المصنفين

“Ulama sepakat bahwa menurut pendapat yang paling sahih tidak perlu membaca doa iftitah. Artinya, disunahkan meninggalkan membaca doa iftitah dalam salat jenazah. Hal ini sebagaimana telah ditegaskan oleh kebanyakan ulama pengarang kitab.”

Abu Ishaq Assyairazi menyebutkan salah satu alasan mengapa salat jenazah tidak disunahkan membaca doa iftitah. Dalam kitabnya Almuhazzab, beliau mengatakan bahwa pelaksanaan salat jenazah dianjurkan agar dilakukan dengan ringkas dan sederhana. Tidak dianjurkan memperlama pelaksanaan salat jenazah dengan memperbanyak bacaan seperti doa iftitah, surah Alquran selain Alfatihah, dan lainnya.

قال عامة أصحابنا : لا يأتي به لأنها مبنية على الحذف والاختصار فلا تحتمل التطويل والإكثار

“Ulama Syafiiyah secara umum berkata, ‘Tidak dianjurkan membaca doa iftitah karena salat jenazah dibangun atas dasar penghapusan dan peringkasan sehingga tidak perlu diperpanjang dan diperbanyak (bacaan).”

Dari uraian keterangan di atas, membaca doa iftitah setelah takbir pertama dan sebelum membaca Alfatihah tidak disunahkan dalam salat jenazah. Justru yang disunahkan adalah meninggalkannya.

Baca Juga :  Hukum Membaca Surah Alquran dalam Salat Jenazah

 

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here