Apakah Duduk di Antara Dua Khutbah Wajib Thuma’ninah?

0
668

BincangSyariah.Com – Di antara syarat sah khutbah Jumat adalah duduk di antara dua khutbah. Jika khatib mampu duduk di antara dua khutbah namun ia meninggalkannya, maka khutbahnya dinilai tidak sah. Duduk di antara dua khutbah ini hampir mirip dengan duduk di antara dua sujud. Ketika duduk di antara dua sujud diwajibkan untuk thuma’ninah, apakah ketika duduk di antara dua khutbah wajib thuma’ninah juga?

Dalam fiqih, thuma’ninah adalah diam sejenak setelah bergerak dengan kadar waktu paling sedikit selesai membaca ‘subhanallah.’ Di dalam shalat, ada empat rukun yang harus dilakukan dengan thuma’ninah, yaitu rukuk, i’tidal, sujud dan duduk di antara dua sujud.

Begitu juga thuma’ninah ketika duduk di antara dua khutbah, menurut ulama Syafiiyah adalah wajib dan termasuk bagian dari syarat sah khutbah Jumat. Oleh karena itu, jika seorang khatib duduk di antara dua khutbah namun tidak thuma’ninah, maka khutbahnya dinilai tidak sah.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin berikut;

الرابع : الجلوس بينهما ، وتجب الطمأنينة فيه

“Syarat keempat adalah duduk di antara dua khutbah dan wajib thuma’ninah di dalamnya.”

Juga disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

و شرط جلوس بينهما بطمأنينة فيه، وسن أن يكون بقدر سورة الاخلاص، وأن يقرأها فيه

“Disyaratkan duduk di antara dua khutbah disertai thama’ninah di dalamnya. Dan disunahkan thuma’ninah tersebut dengan seukuran membaca surah al-Ikhlas, dan khatib disunahkan untuk membaca ketika duduk di antara dua khutbah.”

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa thuma’ninah ketika khatib duduk di antara dua khutbah adalah wajib. Dan disunahkan baginya untuk membaca surah al-Ikhlas agar thuma’ninahnya sempurna.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here