Apakah Diare Termasuk Uzur Melakasanakan Salat Jumat di Masjid?

0
383

BincangSyariah.Com –Dalam Islam, apakah diare termasuk uzur yang menggugurkan kewajiban melaksanakan salat Jumat di masjid?

Di antara uzur yang menggugurkan kewajiban melaksanakan salat Jumat adalah sakit. Ketika kita sakit dan membutuhkan istirahat, maka kita tidak wajib melaksanakan salat Jumat di masjid. Meski demikian, kita tetap wajib melaksanakan salat Zuhur.

Hal ini sebagaimana disebutkan hadis riwayat Imam Abu Daud dari Thariq bin Shihab, dari Nabi saw, beliau bersabda;

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ

“Shalat Jumat adalah wajib bagi setiap muslim dengan cara berjamaah kecuali empat, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil atau orang sakit.”

Di antara jenis sakit yang menggugurkan kewajiban melaksanakan salat Jumat di masjid adalah diare. Bahkan jika nanti sangat dikhawatirkan mengotori masjid akibat buang air besar yang tidak bisa dikontrol, maka menghadiri salat Jumat di masjid bisa menjadi haram.

Dalam kitab Kifayatul Akhyar, Syaikh Taqiyuddin Abu Bakr al-Hishni menjelaskan sebagai berikut;

وفي معني المريض من به اشهال ولا يقدر علي ضبط نفسه ويخشي تلويث المسجد ودخوله المسجد والحالة هذه حرام

“Termasuk dalam pengertian sakit adalah orang yang terkena diare, dia tidak bisa mengontrol dirinya dan dikhawatirkan mengotori masjid. Masuk masjid dalam keadaan demikian adalah haram.”

Di dalam kitab Mughnil Muhtaj, Imam Syarbini juga menjelaskan hal serupa sebagaimana berikut;

وَمِنْ الْأَعْذَارِ : الِاشْتِعَالُ بِتَجْهِيزِ الْمَيِّتِ كَمَا اقْتَضَاهُ كَلَامُهُمْ ، وَإِسْهَالٌ لَا يَضْبِطُ الشَّخْصُ نَفْسَهُ مَعَهُ ، وَيُخْشَى مِنْهُ تَلْوِيثُ الْمَسْجِدِ

“Dan bagian dari uzur adalah sibuk mengurusi jenazah, seperti dijelaskan oleh para ulama. Juga diare yang menimpa seseorang dan dia tidak bisa mengontrolnya,  dan dikhawatirkan mengotori masjid.”

Baca Juga :  Bagi yang Sudah Penuhi Kriteria, Inilah Keutamaan Jadi Imam Salat

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa diare termasuk bagian dari jenis sakit yang menggugurkan kewajiban salat Jumat.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here