Apakah Boleh Melempar Jumrah dengan Batu Mustakmal?

0
178

BincangSyariah.Com – Dalam fiqih, mustakmal adalah istilah dari sesuatu yang telah digunakan. Umumnya, istilah mustakmal banyak dibicarakan dalam masalah air yang telah digunakan untuk menghilangkan hadas dan najis. Sementara yang dimaksud batu mustakmal dalam haji adalah batu yang telah digunakan melempar jumrah. Sebenarnya, apakah boleh melempar jumrah dengan batu mustakmal?

Melempar jumrah, baik jumrah ula, wustha atau aqabah boleh menggunakan batu mustakmal atau batu yang telah digunakan melempar jumrah. Meski boleh, para ulama menghukumi makruh. Oleh karena itu, jika hendak melempar jumrah, maka diusahakan menggunakan batu yang belum digunakan sama sekali.

Ada empat jenis batu yang makruh digunakan melempar jumrah. Pertama, batu di luar tanah haram. Kedua, batu masjid. Ketiga, batu yang berada di tempat najis. Keempat, batu mustakmal atau batu yang telah digunakan.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Mughnil Muhtaj berikut;

ويكره أخذ حصى الجمار من حل لعدوله عن الحرم المحترم ومن مسجد كما ذكره لأنها فرشه ومن حش بفتح المهملة أشهر من ضمها وهو المرحاض لنجاسته وكذا من كل موضع نجس كما نص عليه في الأم ومما رمى به

Dimakruhkan mengambil batu jumrah dari tanah halal karena memindahkan batu tersebut ke tanah haram yang dimuliakan, juga batu dari masjid, sebgaimana telah disebutkan, karena batu tersebut merupakan alas masjid, batu dari tempat kotoran dan juga dari setiap tempat yang najis sebagaimana telah ditegaskan oleh Imam Syafii, batu yang telah dilemparkan.

Melalui penjelasan di atas, menggunakan batu mustakmal ketika melempar jumrah tetap dihukumi sah, namun makruh. Karena itu, boleh menggunakan batu mustakmal namun tetap lebih utama menggunakan batu yang belum digunakan sama sekali.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here