Apakah Anak Kecil Disunahkan Sujud Tilawah?

0
776

BincangSyariah.Com – Saat kita mendengarkan ayat sajdah dibaca oleh orang yang sudah dewasa, kita disunahkan untuk melakukan sujud tilawah. Namun bagaimana jika ayat sajdah dibaca anak kecil, apakah kita disunahkan sujud tilawah juga?

Menurut ulama Syafiiyah, kita tetap disunahkan sujud tilawah ketika kita mendengarkan ayat sajdah dibaca, meskipun oleh anak kecil yang belum mukallaf atau dewasa. Asal kita mendengarkan ayat sajdah dibaca, baik oleh anak kecil, nonmuslim, perempuan, orang yang lagi hadas, kita tetap disunahkan melakukan sujud tilawah.

Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Attibyan berikut;

ولا فرق بين ان يكون القارئ مسلما بالغا متطهرا رجلا وبين ان يكون كافرا او صبيا او محدثا اومرأة

“Tidak ada bedanya antara orang yang membaca ayat sajdah adalah orang Muslim, balig, suci dari hadas, laki-laki dan atau orang yang membacanya adalah kafir, anak kecil, sedang dalam keadaan hadas, atau perempuan.”

Dari pernyataan Imam Nawawi ini dapat diketahui bahwa yang menjadi ukuran kesunahan sujud tilawah adalah mendengarkan ayat tersebut dibaca tanpa melihat siapa yang membaca. Ketika kita mendengarkan ayat sajdah dibaca oleh siapa pun, kita disunahkan melakukan sujud tilawah.

Baca Juga :  Anjuran Rasul Tentang Perbanyak Doa Ketika Sujud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here