Anjuran Rasulullah Untuk Berkumur Setelah Minum Susu

0
1666

BincangSyariah.Com – Susu adalah cairan berwarna putih, yang diperoleh dari pemerasan hewan menyusui, yang dapat diminum atau digunakan sebagai bahan pangan yang sehat. Susu menjadi bahan pangan yang tersusun oleh zat-zat makanan dengan bagian yang seimbang. Dari sudut lain, susu dipandang sebagai bahan mentah, mengandung zat gizi yang penting dan mempunyai manfaat yang banyak bagi manusia. Dalam QS An nahl ayat 16 disebutkan:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya

Kini susu telah menjadi sahabat banyak orang. Berbagai varian rasa juga sudah tersedia di berbagai swalayan, membuat orang semakin banyak mengkomsumsi susu. Susu itu mengandung lemak dan jika lemak tersebut menumpuk akan merusak kesehatan gigi. Menjaga kesehatan gigi tampaknya sepele, mungkin sebagian berfikir bahwa kesehatan gigi yang buruk akan berakibat pada gigi keropos dan lainnya. Namun jangan salah, masalah kesehatan gigi juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainya.

Rasulullah menganjurkan untuk berkumur-kumur setelah minum susu, untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut hingga agar tidak memancing penyakit lainnya. Hadis Sahih Riwayat al-Bukhari mencertitakan:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَرِبَ لَبَنًا فَمَضْمَضَ وَقَالَ: إِنَّ لَهُ دَسَمًا

Dari Ibn Abbas: Bahwa Rasulullah minum susu kemudian berkumur-kumur, beliau lalu bersabda: sesungguhnya susu mengandung lemak.

Keterangan Syaikh Abu Abdillah Al Maqdisi menyebutkan dalam Ar Ri’ayah  bahwa Rasulullah pernah berkumur dengan air sesudah minum susu. Atau bahkan beliau meminum susu dicampur dengan air. Sebagian ulama lain yang bersahabat dengan Syaikh Al-Maqdisi menyebutkan seperti yang disebutkan oleh sebagian tabib (dokter), bahwa terlalu banyak minum susu dapat merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu sebaiknya berkumur dengan air sesudah minum susu.

Syaikh Al-Maqdisi juga mengungkapkan bahwa kalangan dokter klasik merekomendasikan sesudah minum susu sebaiknya berkumur dengan madu untuk melindungi gusi dari kerusakan. Dan sangat beralasan bila dianjurkan berkumur sesudah mengkonsumsi sesuatu yang berlemak, karena Rasulullah menjadikan lemak itu sebagai alasan berkumur.

Anjuran Rasulullah tersebut tentu sangat membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan juga berpengaruh pada kesehatan anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, banyak baiknya jika mengikuti apa yang telah dianjurkan oleh Rasulullah tersebut, yaitu berkumur setelah minum susu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here