Anjuran Mengucapkan Selamat Pagi dan Sore dalam Islam

0
1332

BincangSyariah.Com – Selain mengucapkan salam, terkadang kita juga mengucapkan selamat pagi atau selamat sore kepada orang yang kita temui. Namun menurut sebagian orang, mengucapkan selamat pagi dan selamat sore tidak boleh. Kita cukup mengucapkan salam saja kita ketika kita bertemu dengan orang lain. Benarkah demikian? (Baca: Agar Selamat dari Siksa Hari Kiamat, Bacalah Tasbih Ini di Waktu Pagi dan Sore)

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam ketika kita bertemu dengan orang lain. Bahkan kita dianjurkan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu sebelum orang lain mengucapkan salam kepada kita. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Abu Daud dari Abu Umamah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إنَّ أوْلىَ النِّاس باللهِ مَنْ بَدأهم بالسَّلاَم

Sesungguhnya manusia paling utama di sisi Allah adalah orang yang memulai salam atas mereka.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan selamat pagi, atau selamat sore, atau kalimat sejenis yang menunjukkan kepedulian dan perhatian kita kepada orang lain. Tidak ada larangan dalam Islam untuk mengucapkan selamat sore, atau selamat sore kepada orang lain.

Dalam kitab Al-Hawi li Al-Fatawa, Imam Al-Suyuthi mengatakan bahwa al-tahniah bish shobah wal masa-i atau mengucapkan selamat pagi dan selamat sore kepada orang lain sangat dianjurkan dalam Islam. Yang paling utama, ucapan selamat pagi dan selamat sore dilakukan setelah mengucapkan salam terlebih dahulu. Namun, meski tanpa didahului salam, ucapan selamat pagi dan sore tetap dianjurkan dan termasuk perbuatan baik dalam Islam.

Di antara dalil yang dijadikan dasar oleh Imam Al-Suyuthi mengenai anjuran ucapan selamat pagi dan selamat sore adalah hadis riwayat Imam Al-Thabrani dari Ibnu Umar, dia berkata;

Baca Juga :  Bolehkah Niat I’tikaf Ketika Sedang Shalat?

قال رسول الله صلى الله عليه وسلّم لرجل : كيف أصبحت يا فلان ؟ قال أحمد الله إليك يا رسول الله ، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلّم ذلك الذي أردت منك

Rasulullah Saw bertanya kepada seorang sahabatnya; ‘Apa kabarmu pada pagi ini, wahai fulan? Dia menjawab; Saya memuji kepada Allah, masih bisa menemuimu, wahai Rasulullah.

Dengan demikian, mengucapkan selamat pagi dan selamat sore, apalagi didahului ucapan salam, maka hukumnya boleh dan dianjurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here