Anjuran Mengucapkan Salam Ketika Masuk Masjid

2
1919

BincangSyariah.Com – Masjid merupakan tempat ibadah kepada Allah atau biasa disebut dengan buyutullah. Karena itu, ketika kita hendak memasukinya, kita sangat dituntut untuk memasukinya dengan adab dan etika yang baik. Di antara adanya adalah memasukinya dengan mendahulukan kaki kanan dari yang kiri sambil membaca basmalah dan doa. Setelah itu, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan salam.

Disebutkan dalam kitab Taisir al-Khallaq, bahwa mengucapkan salam ketika memasuki masjid ini tetap dianjurkan meskipun tidak ada orang sama sekali. Hal ini karena meskipun masjid sepi dari orang, namun tidak pernah sepi dari jin dan malaikat yang beribadah kepada Allah. Dan mereka akan menjawab salam seseorang yang hendak memasuki masjid.

.المساجد بيوت الله فيطلب المشي إليها باشتياق مع السكينة والوقار والتسليم ولو خلا المسجد من الناس لأنه لا يخلو من الجن والملائكة.

“Masjid merupakan rumah Allah. Karena itu, dituntut untuk berjalan dengan perasaan rindu ketika menuju masjid, dengan tenang, tidak tergesa-gesa dan juga mengucapkan salam meskipun masjid sepi dari manusia. Hal ini karena masjid tidak pernah sepi dari jin dan malaikat.”

Menurut Imam al-Mutawalli, setiap orang yang hendak memasuki masjid, maka dia disunahkan untuk mengucapkan salam. Jika seseorang masuk masjid dan ada orang di dalamnya, maka dia hendaknya mengucapkan salam seperti pada umumnya, yaitu ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakutuhu.’ Sementara jika kebetulan tidak ada orang sama sekali di dalamnya, maka hendaknya mengucapkan salam dengan kalimat ‘Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadihis sholihin.’

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin berikut;

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﻟﻤﻦ ﺩﺧﻞ ﺩﺍﺭ ﻧﻔﺴﻪ ﺃﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻠﻪ، ﻭﻟﻤﻦ ﺩﺧﻞ ﻣﺴﺠﺪﺍ ﺃﻭ ﺑﻴﺘﺎ ﻟﻴﺲ ﻓﻴﻪ ﺃﺣﺪ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ: ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻭﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ. ﻗﻠﺖ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﺴﻤﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻟﻪ، ﻭﻳﺪﻋﻮ، ﺛﻢ ﻳﺴﻠﻢ

Baca Juga :  Hukum Melambaikan Tangan Saat Mengucapkan Salam

“Imam al-Mutawalli berkata, ‘Dianjurkan bagi orang yang masuk rumah sendiri untuk memberi salam atas keluarganya, dan dianjurkan bagi orang yang hendak masuk masjid atau rumah yang di dalamnya tidak terdapat seseorang untuk mengucapkan; ‘Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin. Saya (Imam Nawawi) berkata, ‘Sebelum memasukinya (rumah dan masjid) dianjurkan untuk membaca basmalah, berdoa, kemudian memberi salam.’”

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here