Anjuran Mengucapkan Insya Allah Saat Berjanji

0
3593

BincangSyariah.Com – Ucapan Insya Allah menunjukkan bahwa kita tidak bisa memastikan dan mendahului kehendak Allah atas suatu hal. Karenanya Islam menganjurkan kita untuk selalu mengucapkan Insya Allah manakala kita berjanji suatu hal dengan orang lain atau sedang berurusan dengan orang lain.

Hal ini Alquran begitu jelas dan tegas mengajarkan demikian.

وَلا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فاعِلٌ ذلِكَ غَداً إِلَّا أَنْ يَشاءَ اللَّهُ

“Dan jangan sekali-kali engkau mengatakan terhadap sesuatu, “Aku pasti melakukan itu besok pagi,” kecuali (dengan mengatakan), “Insya Allah”. (QS. al-Kahfi 23)

Begitu juga dengan sayyidina Ibnu Abbas RA. berkata: “Yakni ketika esok anda ingin melakukan sesuatu, atau berjanji suatu hal yang akan anda lakukan besok. Katakan: Insya Allah. Kalau lupa mengatakan Istisna’ (Membaca Insya Allah), lalu ingat. Ucapkanlah walau setahun setelahnya. Ini adalah pengajaran adab Allah Ta’ala pada Nabi-Nya Shallallahu ‘Alayhi Wasallama. Ketika ditanyai tentang tiga hal: Masalah Ashabul Kahfi, Ruh, dan Dzul Qornain. Maka, Baginda Nabi menjanjikan jawaban pada mereka esok hari, tapi tidak mengucapkan Insya Allah.”

Sahabat Abu Hurairah RA menyitir sebuah hadist saking pentingnya mengucapkan lafaz insya Allah:

لا يتم إيمان العبد حتى يستثني في كل كلامه

Tidaklah sempurna iman seorang hamba, hingga disetiap ucapannya, ia ber-istisna’; mengucapkan Insya Allah.”

Betapa penting dan seharusnya mengucapkan Insya Allah. Hadis ini memberikan isyarat dan pelajaran bahwasanya ada kesempurnaan iman tersendiri manakala seseorang selalu bergantung pada kehendak Allah, salah satunya dengan selalu mengucapkan Insya Allah.

Ulama yang memiliki otoritas tafsir dengan ayat berikut begitu sangat menganjurkan mengucapkam lafadz Insya Allah

وَاذْكُرْ رَبَّكَ إِذا نَسِيتَ

Baca Juga :  Hukum Menggendong Bayi saat Salat

Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa” (QS. al-Kahfi: 24)

Dan ulama-ulama tersebut yaitu Sayyidina Ibnu Abbas, Imam Mujahid, Imam Abul ‘Aliyyah, Imam Hasan Bashri Radliyallahu Anhum yang berkata: “Ketika anda lupa ber-instisna’ –di tempat yang pantas mengucapkan Insya Allah. Lalu ingat. Ber-istisna’lah.”

Wallahu ‘alam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here