Anjuran Mempelajari dan Mengajarkan Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah

0
4133

BincangSyariah.Com – Dua ayat terakhir surah Al-Baqarah termasuk bagian dari ayat-ayat istimewa dalam Al-Quran. Di dalamnya terkandung pengakuan keimanan kepada Allah dan kepasrahan akan kuasaNya. Selain itu, dua ayat ini hanya diberikan oleh Allah kepada Nabi Saw dan kepada umatnya, dan tidak pernah diberikan kepada nabi dan umat terdahulu.

Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan bahwa dua ayat terakhir surah Al-Baqarah merupakan simpanan berharga di bawah ‘Arsy yang hanya disiapkan untuk diberikan kepada Nabi Saw.  Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Dzar dan Huzaifah, bahwa Nabi Saw bersabda;

أُعْطِيتُ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ وَلَمْ يُعْطَهُنَّ نَبِيٌّ قَبْلِي

Aku diberi ayat penutup surah Al-Baqarah dari harta terpendam di bawah ‘Arsy yang tidak diberikan kepada nabi sebelumku.

Juga disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata;

فَأُعْطِيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا: أُعْطِيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وَأُعْطِيَ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَغُفِرَ لِمَنْ لَمْ يُشْرِكْ بِاللهِ مِنْ أُمَّتِهِ شَيْئًا، الْمُقْحِمَاتُ

Rasulullah Saw diberi tiga hal (saat Mi’raj); Ia diberi shalat lima waktu, ia diberi penutup surah Al-Baqarah, dan diampuni dosa-dosa umatnya yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun.

Oleh sebab itu, Nabi Saw menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk mempelajari isi dan kandungan dua ayat terakhir surah Al-Baqarah ini. Setelah itu mengajarkan kepada orang lain, dimulai istri, anak, dan tentunya juga kerabat dan orang lain. Ini tak lain karena besarnya keutamaan dan isi dari dua ayat terakhir surah Al-Baqarah ini.

Hal ini berdasarkan sebuah hadis riwayat Imam Al-Hakim dari Abu Dzar, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

Baca Juga :  Lima Macam Salat yang Disunahkan Membaca Surah Al-Ikhlas dan Al-Kafirun
إنَّ اللهَ ختم سورةَ البقرةِ بآيتينِ أعطانيهِما من كَنزِه الَّذي تحتَ العرشِ ، فتعلَّموهُنَّ وعلِّموهُنَّ نساءَكُم وأبناءَكم ، فإنَّهُما صَلاةٌ وقرآنٌ ودعاءٌ

Sesungguhnya Allah menutup surah Al-Baqarah dengan dua ayat yang diberikan olehNya kepadaku dari harta terpendamNya yang ada di bawah ‘Arsy. Maka kalian pelajarilah keduanya dan ajarkanlah pada istri dan anak-anak kalian karena kedua ayat tersebut merupakan shalat (rahmat), quran dan doa.

Dengan demikian, dua ayat terakhir surah Al-Baqarah bukan hanya sekedar dibaca dan dihafal saja, namun juga dipelajari kandungan dan isinya dan kemudian diajarkan kepada orang lain, terutama orang-orang terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here