Anjuran Berdehem Setelah Kencing

0
1038

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika kita buang air kecil atau kencing, maka kita wajib menuntaskannya hingga tetesan terakhir. Sebelum tuntas, kita tidak diperbolehkan berenjak dari tempat di mana kita kencing. Hal ini dilakukan agar air kencing tersebut tidak mengenai pakaian dan anggota tubuh. Nabi Saw sendiri pernah berpesan agar kita menuntaskan dan membersihkan diri dari kencing.

Disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam al-Daruquthni dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

تَنَزَّهُوا مِنَ الْبَوْلِ فَإِنَّ عَامَّةَ عَذَابِ الْقَبْرِ مِنْهُ

“Bersihkanlah diri kalian dari air kencing. Karena sesungguhnya kebanyakan siksa kubur berasal darinya.”

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar air kencing bisa tuntas. Di antaranya adalah berdehem ketika kencing sudah berhenti. Berdehem ini sifatnya anjuran dan dilakukan ketika air kencing sudah berhenti. Bahkan dalam kitab Bidayatul Hidayah, Imam Ghazali mengatakan bahwa berdehem termasuk bagian adab yang perlu kita lakukan ketika kita kencing. Beliau berkata;

وأن تستبرىء من البول بالتنحنح والنتر ثلاثا، وبإمرار اليد اليسرى على أسفل القضيب

“Dan hendaknya kamu menuntaskan air kencing dengan berdehem dan disentil sebanyak tiga kali, serta mengurutkan tangan kiri dari bagian bawah batang kemaluan.”

Juga disebutkan dalam kitab Fathul Wahhab sebagai berikut;

وأن يستبرئ من بوله عند انقطاعه بتنحنح ونتر ذكر

“Dan seseorang hendaknya menuntaskan air kencingnya setelah berhenti dengan berdehem dan menyentil atau menggerakkan zakar.”

Selain itu, setelah berdehem juga dianjurkan untuk menyentil dan mengurut zakar sebanyak tiga kali. Caranya adalah dengan meletakkan telunjuk tangan kiri di bawah batang zakar dan ibu jari di atas batang zakar, lalu mengurut dari pangkal hingga ujung zakar sebanyak tiga kali. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah, dari Yazdad, bahwa Nabi Saw bersabda;

Baca Juga :  Hukum Berwudlu Ketika Hendak Bersetubuh

إِذَا بَالَ أَحَدُكُمْ فَلْيَنْتُرْ ذَكَرَهُ ثَلاثَ مَرَّاتٍ

“Jika kalian kencing, hendaknya dia menggerakkan zakarnya sebanyak tiga kali.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here