Amalan Ulama tentang Salat Sunah Mengetahui Kondisi Orang yang Sudah Mati

1
1122

BincangSyariah.Com – Hal yang senantiasa menjadi doa kita adalah kebahagiaan kakek-nenek yang sudah lebih dulu meninggal dunia. Setiap hari kita memintakan ampun untuk para almarhumin. Tentunya ini sebagai bentuk bakti kita pada nenek moyang yang telah tiada. Sebagaimana yang telah diketahui, di antara amal jariyah adalah anak cucu yang mendoakan nenek moyangnya.

Setiap hari kita berdoa untuk mereka tanpa tahu akan nasibnya di alam barzakh. Toh kewajiban kita hanya berbakti pada mereka tanpa harus tahu keadaannya di sana. Namun, tentunya kita sekali-kali merasakan kerinduan yang mendalam pada anggota keluarga yang telah tiada. Ada perasaan ingin berjumpa dengan mereka di alam mimpi. Ingin tahu bagaimana kabarnya, apakah termasuk golongan kanan atau golongan kiri.

Mungkinkah kita bisa mengetahui keadaan anggota keluarga yang sudah mati? Jawabannya mungkin saja. Karena tidak ada yang tidak mungkin apabila Allah Swt. sudah berkehendak. Lalu, caranya bagaimana?

Nah, apabila kita benar-benar ingin mengetahui nasib anggota keluarga kita yang sudah mati, maka amalkan saran dari Syekh Hasan. Amalan ini disebutkan dalam kitab Is’adu ar-Rofiq halaman 29. Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa ada seorang wanita yang mendatangi Syekh Hasan. Wanita itu punya anak perempuan yang sudah mati. Ia ingin tahu nasib anaknya di alam kubur. “Salatlah empat rakaat setelah salat Isya’. Tiap-tiap rakaat bacalah surat at-Takatsur setelah al-Fatihah. Kemudian tidurlah seraya membaca salawat hingga terlelap”, ucap Syekh Hasan.

Perempuan tersebut melaksanakan apa yang diperintahkan Syekh Hasan. Ternyata benar, malam harinya ia bermimpi anaknya. Dalam mimpinya, anaknya dalam keadaan terbelenggu. Hal itu diutarakan pada Syekh Hasan. Ia disarankan oleh Syekh Hasan untuk bersedekah atas nama putrinya. Alhamdulillah, ia bermimpi untuk yang kedua kalinya. Di mimpi kedua anaknya sudah dalam keadaan bahagia.

Baca Juga :  Agar Selalu Mengikuti Sunnah, Bacalah Doa Sahabat Abdullah bin Umar Ini

Nah, berangkat dari cerita di atas, dapat dikatakan bahwa kita bisa melihat kondisi orang yang sudah mati. Caranya adalah dengan salat sunah empat rakaat setelah salat Isya’. Setelah itu tidur dengan terus menerus bersalawat kepada Nabi Muhammad saw. sampai terlelap.

Semoga semua anggota keluarga yang telah mendahului kita diampuni segala dosanya dan diterima amal kebaikannya. Aamiin.

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum
    Tolong disebutkan nama sholat sunnah yg 4 rakaat setelah sholat fardhu isya yg diamalkan utk mengetahui keadaan klrg kita yg tlah mendahului kita…?
    Niatnya…?
    Doanya…?
    Trus yg 4 rakaat itu niatx langsung apa per dua rakaat…?
    Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here