Ini 7 Amalan Sunnah Rasulullah Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Fitri di Rumah

0
1606

BincangSyariah.Com – Shalat Idul Fitri pada tahun ini mungkin terasa berbeda bagi sebagian umat Muslim di Indonesia. Pasalnya, terdapat beberapa daerah yang dianggap sebagai zona merah penyebaran virus corona. Oleh karena itu, mereka tidak dapat melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah bersama warga lainnya di lapangan atau masjid setempat. Gantinya mereka melakukan shalat Idul Fitri di rumah bersama keluarga atau secara sendiri-sendiri. (Baca: Panduan Lengkap Shalat dan Khutbah Idul Fitri di Rumah)

Walaupun melakukan shalat Idul Fitri di rumah, tapi jangan lupa untuk tetap melakukan sunnah-sunnah Rasulullah sebelum melaksanakan shalat yang kita adakan setahun sekali ini. Berikut beberapa sunnah-sunnah sebelum shalat Idul Fitri sebagaimana disebutkan oleh Syekh Wahbah al-Zuhaili dalam kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh.

  1. Memperbanyak Ibadah pada Malam Idul Fitri 

Anjuran memperbanyak ibadah pada malam Idul Fitri, yaitu semenjak Magrib terakhir kita berpuasa Ramadhan, itu sesuai dengan anjuran Rasulullah saw. sebagaimana diriwayatkan sahabat Abu Umamah berikut ini:

من قام ليلتي العيد، محتسباً لله تعالى، لم يمت قلبه يوم تموت القلوب

Barangsiapa yang beribadah pada Idul Fitri dan Idul Adha semata-mata mengharap ridha Allah, maka hatinya itu tak akan mati di mana hati-hati orang lain mati (HR Ibnu Majah). 

Memperbanyak ibadah di sini bisa dengan cara membaca Al-Qur’an, takbiran, membaca tasbih, dan istigfar. Ini bisa dilakukan sepanjang malam takbiran, atau hanya pada sepertiga malam terakhir saja.

Menurut Syekh Wahbah, doa pada malam Id itu mustajab. Oleh karena itu, disunahkan banyak-banyak memohon ampun pada Allah seperti pada malam Jumat, awal Rajab, atau Nishfu Sya’ban.

2. Mandi, memakai parfum, sikat gigi, dan memakai pakaian rapih

Baca Juga :  Pelajari Tujuh Hal Penting Terkait dengan Niat

Aktivitas pada poin kedua ini dianjurkan oleh Rasulullah dan dilakukan oleh para sahabat Nabi. Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw. itu mandi saat Idul Fitri dan Idul Adha (HR Ibnu Majah).

Menurut mazhab Syafii, mandi Idul Fitri sudah bisa dilakukan pada pertengahan malam. Selain itu, kesunahan mandi Idul Fitri ini juga berlaku bagi wanita yang sedang haid atau nifas. (Baca: Perempuan Haid Tetap Dianjurkan Mandi Sunah Idulfitri?).

Akan tetapi, mandi menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri akan berlangsung itu lebih utama, karena kita masih dalam kondisi fresh. (Baca: Anjuran Menggunakan Parfum Sebelum Shalat Idul Fitri)

Selain mandi, kita juga dianjurkan memakai pakaian rapih, parfum, mencukur rambut, memotong kuku seperti yang dilakukan pada hari Jumat.

3. Sarapan sebelum Shalat 

Setelah kita  menahan lapar, haus dan semua yang membatalkan puasa selama bulan Ramadhan, tibalah bulan Syawal yang kita rayakan sebagai hari raya Idul Fitri.  Awal syawal adalah waktu berbuka umat Islam dan haram hukumnya untuk berpuasa. Karenanya disunnahkan untuk sarapan atau makan sekedarnya sebelum berangkat salat Idulfitri. (Baca: Kenapa Rasul Menganjurkan Makan Sebelum Salat Idul Fitri?)

عَنْ أَنَسٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ  لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ

Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

Dalam riwayat Ahmad terdapat tambahan keterangan sebagai berikut:

وَكَانَ أَنَسٌ يَأْكُلُ قَبْلَ أَنْ يَخْرُجَ ثَلَاثًا، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَزْدَادَ أَكَلَ خَمْسًا، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَزْدَادَ أَكَلَ وِتْرًا

Anas bin Malik memiliki kebiasaan sebelum berangkat, beliau makan 3 biji kurma. Jika nambah, beliau makan 5 biji. Jika nambah, beliau makan dengan bilangan ganjil. (HR. Ahmad).

Baca Juga :  Jangan Tidur Saat Perut Masih Kenyang, Ini Alasannya Menurut Imam al-Ghazali

4. Membayar Zakat Fitrah Sebelum Shalat Idul Fitri

Kita dianjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum orang-orang bergegas melaksanakan shalat Idul Fitri. Dalam konteks seperti saat pandemi corona ini, mempercepat membayar zakat fitrah itu lebih baik.

5. Memperbanyak Sedekah

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi individu yang mampu. Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, khususnya untuk keluarga terdekat kita yang tidak mampu.

6. Memperlihatkan Wajah Ceria 

Bila tidak mempunya uang berlebih, karena misalnya terdampak akibat corona, kita juga dianjurkan untuk menampakkan wajah berseri-seri ketika bertemu siapa pun. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk melakukan silaturahim. Tentu dalam konteks saat pandemi ini, silaturahim online menjadi solusi yang terbaik.

7. Shalat Sunnah Sebelum Shalat Id

Menurut Mazhab Syafii dianjurkan melakukan shalat sunnah mutlak bagi makmum sebelum melakukan shalat Idul Fitri. (Baca: Hukum Melaksanakan Shalat Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here