Allah Siapkan Rumah di Surga Bagi Hamba-Nya yang Melakukan Ini

4
3866

BincangSyariah.Com – Dalam hadis yang masyhur riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, bahwa rumah yang disiapkan di surga akan diperuntukkan bagi hambanya yang membangun masjid. Pernah pula dalam riwayat lainnya, para sahabat yang tidak kaya protes kepada Rasulullah bahwa sepertinya orang-orang kaya memonopoli semua amalan yang berjanji surga.

Tentu tidak demikian, sebab dalam riwayat lain Rasulullah pun menjelaskan bahwa tidak harus mewakafkan masjid agar mendapatkan kafling surga, Allah juga menjanjikan rumah surga bagi hambanya yang melakukan shalat sunnah, sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَلَّى فِى الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ اثْنَتَيْ عَشَرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّة

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang shalat sunnah dalam sehari semalam dua belas rakaat, maka Allah telah membangunkan untuknya rumah di surga.”(HR. Muslim)

Selain Imam Muslim, hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Muslim, imam Abu Daud, Imam An-Nasai, dan Imam Ibnu Majah dari sahabat Ummu Habibah. Yang dimaksud dua belas rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum shalat Zhuhur, dua rakaat setelah shalat Dhuhur, dua rakaat sebelum shalat Asar, dua rakaat setelah shalat Maghrib, dan dua rakaat sebelum shalat Isya.

Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim menjelaskan bahwa shalat 12 rakaat tersebut disyaratkan dilakukan dengan istikamah, sehingga dengan demikian diharapkan agar mendapatkan pahala sebagaimana dijelaskan Rasulullah dalam hadis di atas. Sebab dalam hadis riwayat lainnya dari Ummul Mukminin, Ummu Habibah terdapat kalimat kulla yaumin yang artinya setiap hari. Jadi keutamaan tersebut diperuntukan bagi hamba-Nya yang istikamah shalat sunnah tiap hari.

Namun Ibnu Utsaimin dalam Fatawa Nurul Darbi menafsirkan lain, bahwa tidak disyaratkan setiap hari harus melakukan shalat 12 rakaat. Meski hanya melakukannya sehari maka ia mendapat keutamaan rumah di surga, dan jika istikamah setiap hari maka berlanjut sesuai dengan hitungan hari baginya bangunan di surga. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Cara Ekspresikan Maulid Nabi Muhammad

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here