Agar Selamat dari Azab Kubur, Harus Membaca Surat Al-Mulk Berapa Kali?

1
3709

BincangSyariah.Com – Rasulullah mengatakan bahwa membaca surat al-Mulk dapat mencegah azab kubur. Akan tetapi berapa kali kita harus membacanya dalam setiap hari? sekali atau lebih?

Dalam riwayat berikut ini, rasulullah menyatakan bahwa surat al-Mulk dapat menjadi penjaga kita dari azab neraka. Yaitu

عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : إن سورة من القرآن ثلاثون آية شفعت لرجل حتى غفر له وهي سورة تبارك الذي بيده الملك

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya ada suatu surat dari Alquran berjumlah 30 ayat yang dapat memberi syafaat kepada seseorang sehingga ia diampuni dosanya yaitu surat tabarak allazi biyadihi al-mulk.” (HR. Tirmizi, Abu Daud, Ibnu Majah)

Imam Tirmizi menyebutkan bahwa hadis tersebut hasan, begitu juga Imam Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ al-Fatawa dan Imam Albani dalam Shahih Ibnu Majah.

Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa tidak disebutkan berapa kali dalam hadis tersebut, tapi yang terpenting adalah istiqamah dalam membacanya setiap hari dengan penuh pengharapan kepada Allah agar dijauhkan dari azab kubur dengan wasilah membaca surat al-Mulk tersebut. Walaupun hanya sekali dalam sehari.

Sahabat Abdullah bin mas’ud dalam Sunan Nasa’i juga menyebutkan bahwa barang siapa yang membaca tabarak allazi bi yadihi al-mulk setiap malam maka Allah akan mencegah baginya azab kubur dengan wasilah surat itu. Karena itu pada masa Rasul dulu para sahabat menyebut surat tersebut dengan nama al-mani’ah yaitu sang pencegah/penghalang.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Bolehkah Muazin Menerima Upah Azan?


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here