Adakah Batas Mandi Junub Saat Hendak Puasa Sunnah?

0
4

BincangSyariah.Com – Menurut para ulama, berpuasa dalam keadaan junub atau dalam keadaan hadas besar hukumnya adalah sah. Tidak masalah seseorang berpuasa dalam keadaan junub, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

إذا جامع في الليل وأصبح وهو جنب صح صومه بلا خلاف عندنا وكذا لو انقطع دم الحائض والنفساء في الليل فنوتا صوم الغد ولم يغتسلا صح صومهما بلا خلاف عندنا

Jika seseorang berjimak di waktu malam hari, dan dia memasuki waktu Shubuh dalam keadaan masih junub, maka puasanya tetap sah tanpa ada perbedaan pendapat di kalangan kami (ulama Syafiiyah). Begitu juga jika darah haid dan darah nifas sudah putus di waktu malam, kemudian keduanya (perempuan yang haid dan nifas) berniat untuk melakukan puasa keesokan harinya namun keduanya tidak mandi wajib, maka puasa keduanya dihukumi sah tanpa ada perbedaan pendapat di kalangan kami (ulama Syafiiyah).

Ini juga disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل  فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ

Sah orang yang junub melaksanakan puasa dengan masuk waktu Shubuh  dalam keadaan berpuasa sebelum mandi dari junub. Karena Sayidah Aisyah dan Ummu  Salamah berkata; Kami menyaksikan Rasulullah Saw masuk waktu Shubuh dalam keadaan junub dari junub selain mimpi basah, kemudian beliau mandi dan melanjutkan berpuasa. (Baca: Mandi Junub dalam Keadaan Haid, Apakah Sah?)

Karena puasa tetap dihukumi sah meski dalam keadaan junub, maka tidak ada batas akhir bagi seseorang untuk mandi junub. Ia boleh berpuasa dalam keadaan junub selama sehari penuh. Meski tidak mandi junub selama seharian, misalnya, maka puasanya tetap dihukumi sah.

Baca Juga :  Dalil Kewajiban Ibadah Haji

Yang menjadi akhir batas mandi junub bukan puasa itu sendiri, melainkan shalat. Karena seseorang wajib melaksanakan shalat Shubuh, maka dia wajib mandi dari junub sebelum melaksanakan shalat Shubuh. Ini berlaku untuk puasa wajib maupun puasa sunnah.

Dengan demikian, yang menjadi batas akhir mandi junub ketika seseorang memulai berpuasa dalam keadaan junub adalah ketika ia ingin melaksanakan shalat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here