Adab Seorang Muslim Saat Menguap

2
2920

BincangSyariah.Com – Menurut beberapa penelitian sebagaimana dilansir di laman alodokter.com. menguap bisa dikaitkan dengan tanda mengantuk, kelelahan, adanya gangguan tidur atau sedang mengalami kebosanan. Terlepas dari alasan seseorang menguap, di dalam Islam terdapat adab atau tata krama bagi seorang muslim ketika menguap. Berikut penjelasannya.

Imam An-Nawawi di dalam kitabnya Al-Adzkar menyebutkan bahwa bagi seorang muslim disunahkan untuk menolak atau menahannya dengan cara apapun semampunya jika ia menguap. Sunnahnya adalah menahannya dengan meletakkan tangannya di atas mulutnya.

Hal ini berdasarkan riwayat Abu Said Al-Khudri, bahwa Rasulullah saw. bersabda.

« إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ ».رواه مسلم.

“Jika salah satu dari kalian menguap, maka hendaknya ia menahan dengan tangannya di atas mulutnya, karena sungguh setan itu akan masuk.” (HR. Muslim).

Sementara jika ia menguap dalam keadaan shalat, maka imam Nawawi telah menjelaskannya. Beliau bersabda

  وسواء كان التثاؤب في الصلاة أو خارجها يستحب وضع اليد على الفم، وإنما يكره للمصلي وضع يده على فمه في الصلاة إذا لم تكن حاجة كالتثاؤب وشبهه، والله أعلم.

“Sama saja baik menguap itu terjadi di dalam shalat atau di luar shalat, (yakni tetap) disunnahkan meletakkan tangan di atas mulut. Meletakkan tangan di atas mulut bagi orang yang sedang shalat dimakruhkan jika ia tidak ada keperluan seperti ketika menguap atau semisalnya. Allahu yang Maha Tahu.” (Al-Adzkar)

Sehingga ketika menguap disunahkan bagi seorang muslim untuk menahannya dengan cara apapun. Sunnahnya adalah dengan meletakkan tangannya di atas mulut. Baik ia menguap ketika melaksanakan shalat atau di luar shalat.

Abu Said Al-Kudri juga telah meriwayatkan hadis terkait menguap di dalam shalat. Rasulullah saw. bersabda:

Baca Juga :  Hukum Memegang Kitab Tafsir tanpa Wudhu

« إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فِى الصَّلاَةِ فَلْيَكْظِمْ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ ». رواه مسلم.

“Jika salah satu dari kalian menguap di dalam shalat, maka tahanlah semampunya, karena sungguh setan itu akan masuk.” (HR. Muslim).

Demikianlah adab seorang muslim ketika menguap. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here