Adab-adab Berziarah ke Makam Nabi

1
5710

BincangSyariah.Com – Ketika berziarah ke makam Nabi Saw., harus memperhatikan adab yang benar agar mendapat pahala dan kebaikan dari Allah. Dalam kitab Almajmu Syarh Almuhadzdzab, Imam Nawawi menyebutkan beberapa adab yang disunahkan saat berziarah ke makam Nabi Saw. sebagai berikut:

Pertama, memperbanyak membaca salawat dan salam kepada Nabi Saw. saat menuju ke makam Nabi Saw. Kedua, saat menuju ke makam Nabi Saw., hendaknya berdoa kepada Allah agar ziarahnya bermanfaat dan diterima oleh-Nya. Ketiga, mandi sebelum masuk makam Nabi Saw. dan memakai baju yang paling bersih. Keempat, menghadirkan hati atas kemuliaan kota Madinah dan bahwa Madinah adalah tempat paling utama setelah Makkah.

Kelima, sejak awal kedatangan, hendaknya peziarah mengagungkan Rasulullah Saw. seakan melihatnya. Keenam, ketika sampai ke pintu Masjid Nabawi, maka hendaknya mengucapkan bacaan yang disunahkan dalam memasuki setiap masjid yaitu:

بسم الله، والصلاة والسلام على رسول الله، اللهم افتح لي أبواب رحمتك أعوذ بالله العظيم، وبوجهه الكريم، وسلطانه القديم من الشيطان الرجيم

Bismillah wash sholatu was salamu ala Rasulillah. Allahummaftahli abwaba rohmatik. A’udzubillahil adzim wa biwajhihil karim wasulthonihil qodim minasy syaitonir rojim.

Ketujuh, mendahulukan kaki kanan saat masuk Masjid Nabawi, dan mendahulukan kaki kiri saat keluar sebagaimana tatacara ketika masuk dan keluar di masjid yang lain. Kedelapan, ketika masuk masjid, maka peziarah mengarah ke Raudhah, yaitu tempat antara makam dan Mimbar Masjid  Nabawi, lalu melaksanakan salat tahitul masjid di samping mimbar. Kesembilan, setelah salat tahiyatul masjid, peziarah mendekati makam dan disunnahkan untuk mengucapkan salam kepada Nabi Saw., sahabat Abu Bakar dan Umar:

السلام عليك يا رسول الله ورحمة الله وبركاته، السلام عليك يا أبا بكر، السلام عليك يا عمرابن الخطاب

Baca Juga :  Anjuran Pergi dan Pulang Lewat Jalan Berbeda Ketika Salat Idulfitri

Assalamu alaika Ya Rasulallah warohmatullohi wabarokatuh. Assalamu alaika Ya Aba Bakr. Assalamu alaika Ya Umar bin Alkhotthob.

Kesepuluh, setelah itu, peziarah dapat membaca doa di dekat makam Rasulullah Saw. sesuai yang diinginkannya.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

  1. Sayyidina Ali karamahu wajha dan keluarganya Nabi Muhammad saw…jgn lupa itu juga di bawa dlm doa.. ketika berziarah ke maqam Nabi Muhammad saw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here