Berapa Batas Minimal Usia Kandungan Menurut Islam?

0
4646

BincangSyariah.Com – Rahim adalah salah satu organ yang khusus dimiliki oleh perempuan. Rahim memiliki fungsi sebagai rumah bagi janin yang sedang berkembang. Kondisi saat rahim seorang perempuan terisi oleh janin itu disebut juga dengan masa hamil. Lalu berapa batas minimal perempuan mengalami masa hamil menurut syariat Islam?

Syekh Dr. Ali Jum’ah di dalam laman Darul Ifta’ Al Misriyah mengatakan bahwa di kalangan ulama fuqaha sepakat batas minimal masa kehamilan itu enam bulan. Dasar mereka adalah dua ayat Alquran sebagaimana berikut:

Pertama:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ…..

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan,…(Q.S. Alahqaf/15).

Kedua:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ….. ۚ

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. (Q.S. Albaqarah/233).

Berdasarkan dari ayat 233 surah Albaqarah tersebut, Allah Swt. menjadikan masa menyusui dan menyapih selama dua tahun sempurna atau 24 bulan. dan Allah Swt. juga telah menjadikan masa kehamilan sekaligus menyusui berdasarkan ayat 15 surah Al Ahqaf selama 30 bulan.

Dari pemaparan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa jika Allah Swt. telah membatasi masa menyusui dan menyapihnya selama 24 bulan, sedangkan Allah Swt. di satu sisi menyebutkan bahwa dalam waktu 30 bulan sudah dapat mencakup kehamilan dan menyusui, maka batas minimal kehamilan berdasarkan hitungan tersebut adalah 6 bulan.

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Tujuh Kriteria Busana Muslimah yang Syar'i

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here