Seri Wanita Istihadhah: Mubtada’ah Mumayyizah (Bagian III)

0
541

BincangSyariah.Com – Jika mubtada’ah mumayyizah darahnya tidak hanya dua macam, tetapi tiga macam atau lebih, maka semua darah selain yang paling lemah adalah darah haid, lalu darah yang paling lemah sendiri adalah istihadhah.

Sebab selain darah yang paling lemah sendiri semuanya termasuk darah qawi. Demikian tadi jika memenuhi tiga syarat sebagai berikut.

  1. Darah yang paling kuat keluar terlebih dahulu
  2. Kemudian darah yang di bawahnya/ beruntutan
  3. Jumlah darah yang paling kuat dengan darah kuat di bawahnya (selain darah yang paling lemah) tidak melebihi 15 hari.

Contoh seorang wanita keluar darah hitam pada tanggal 1-6, kemudian pada tanggal 7-12 keluar darah merah, pada tanggal 13-15 keluar darah berwarna abu-abu (antara merah dan kuning), pada tanggal 16-30 keluar darah berwarna kuning. Maka, darah yang keluar dari tanggal 1-15 dihukumi haid karena bukan termasuk darah yang paling lemah. Sedangkan darah yang keluar dari tanggal 16-30 dihukumi istihadhah, karena termasuk darah yang paling lemah.

Demikian jika memenuhi salah satu dari tiga syarat di atas. Tetapi jika tidak memenuhi, maka yang dihukumi haid hanya darah yang paling kuat (hitam). Contoh: tanggal 1-6 keluar darah berwarna merah, kemudian tanggal 7-12 keluar darah hitam, lalu pada tanggal 13-30 keluar darah berwarna kuning. Maka pada kasus seperti ini, wanita tersebut haidnya adalah mulai tanggal 7-12, karena darah hitam tidak berada di paling depan. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

(Diolah dari Buku Risalah Haidl, Nifas dan Istihadloh Lengkap Wajib Dipelajari Khususnya Wanita karya KH. Muhammad Ardani bin Ahmad, hal. 43-44).

Baca Juga :  Ummu Rumman: Sosok Istri Abu Bakar Al Shiddiq yang Tegar


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here